Historia

Sejarah Valentine Day dan Misteri Hari Kasih Sayang Yang Tersembunyi

 

Valentine Day atau kita kenal dengan hari kasih sayang biasa dirayakan pada tanggal 14 Februari. Ternyata ada sejarah Valentine Day dan misteri tersembunyi dibalik hari kasih sayang tersebut.

Sahabat gelut pasti penasaran dengan misteri apa yang tersembunyi dibalik hari Valentine Day ini. Untuk itu mari kita simak beberapa sejarah dan misteri yang mengikutinya.

Sejarah Valentine Day Yang Sebenarnya

Dikutip dari situs Guardian (13 feb 15) pada masa 200-an disebuah gereja ada 3 orang Santo (orang suci) bernama Valentine. Mereka berasal dari Genoa.

misteri valentine day
image : blogspot image

Pada masa itu pula sedang tenar tentang Kaisar Romawi Claudius II memberi peraturan bagi tentara muda tidak menikah. Hal ini bertujuan untuk menguatkan stamina dan juga kesehatan para tentara tersebut.

Namun salah satu Uskup Valentine melanggar perintah itu. Ia menikahkan salah satu pasangan dari tentara secara diam. Namun hal ini didengar oleh Kaisar dan akhirnya ia dihukum penjara yang kemudian akan dijatuhi hukuman mati pada tanggal 3 Mei.

Uskup Valentine ketika berada di penjara jatuh cintah terhadap seorang gadis. Gadis tersebut merupakan anak dari seorang yang memenjarakannya. Sebelum dihukum mati ia menuliskan sepucuk surat untuk gadis tersebut. Surat itu memiliki kata penutup “From your Valentine”.

hari kasih sayang valentine day
ilustrasi

Valentine ke-2 merupakan salah satu pemuka agama yang berada di Kekaisaran Romawi. Ia suka membantu orang-orang Kristen yang dianiaya saat Claudius II memimpin pemerintahan.

Valentine ke-2 juga orang yang berhasil mengembalikan atau menyembuhkan seorang gadis buta. Dimana gadis tersebut juga dicintai oleh Valentine. Valentine ke-2 juga dihukum mati pada tanggal 14 Februari.

Yang ke-3 adalah sukup saleh seorang dari Terni. Hal yang sama terjadi ia disiksa pada masa pemerintahan Claudius II dan dihukum mati pada tanggal 14 Februari setelahnya.

Bagaimana Bisa Muncul Hari Valentine pada Tanggal Tersebut?

Ternyata setelah lama kemudian munculah puisi yang berhubungan dengan kisah tersebut. Puisi yang diciptakan oleh Geoffrey Chaucer seorang penulis buku terkenal salah satunya The Canterbury Tales.

Ia menulis sebuah puisi yang berjudul Parliament of Fowls pada tahun 1382 tepat saat pertunangan Raja Richard II.

Dalam puisi tersebut hari kasih sayang dirayakan pada tanggal 3 Mei, bukan 14 Februari. Hari tersebut merupakan hari dimana semua burung memilih pasangannya. Tidak lama setelah itu banyak orang memiliki ide untuk menetapkannya sebagai hari kasih sayang secara umum.

Chaucer juga menetapkan 3 Mei karena ia masih ingat dengan kisah Santo Valentine (Valentine ke-1) yang dieksekusi mati pada 3 Mei. Namun masyarakat umum tidak terlalu kenal dengan sosok tersebut.

Masyarakat lebih kenal dengan Valentine dari Roma dan Terni (Valentine ke2 dan 3) yang dihukum mati pada tanggal yang sama 14 Ferbruari. Karena hal itulah tanggal 3 Mei dirubah menjadi 14 Februari.

Kisah Lain Akan Lahirnya Hari Valentine (Kasih Sayang)

Beberapa tim peneliti juga sempat menulusi tentang lahirnya Hari Valentine. Hal ini diteliti saat era Romawi Kuno.

Adanya suatu ritual yaitu Lupercalia, suatu perayaan yang dilakukan dengan mengorbankan 2 ekor kambing jantan dan juga seekor anjing.

Dalam ritual upacara tersebut juga adanya seorang pria setengah telanjang lari di sepanjang jalan. Dengan mencambuk para gadis muda dengan tali dari kulit kambing jantan yang dikorbankan.

sejarah asli valentine day
ilustrasi

Ritual ini dilakukan pada tanggal 13 Hingga 15 Februari bertepatan dengan cerita di atas. Orang romawi masih melakukan upacara adat ini hingga tahun 496 Masehi. Konon upacara ini bertujuan untuk kesuburan dan juga kesucian para lelaki. Ritual ini akhirnya dilarang tepat pada tahun 496 pada masa Paus Gelasius I.

Puncak dari upacara Lupercalia ini adalah pada tanggal 15 Februari. Puncak acara dilakukan di samping gua yang diyakini merupakan tempat serigala betina menyusui Romulus dan Remus.

Misteri Valentine Day dan Konspirasinya

Beberapa misteri Valentine Day dan juga teori konspirasi yang muncul akan hari kasih sayang tersebut ternyata ada beberapa yang unik.

Acara Valentine Day identik dengan adanya coklat, bunga, hingga kartu ucapan. Bagaimana hal ini bisa berkembang dimasyarakat?

Pemberian coklat saat hari Valentine merupakan afrodisiak. Sesuatu yang diyakini dapat membangkitkan gairah. Hal ini diketahui saat abad ke-17 dimana biji coklat pertama kali dibawa ke Eropa dari Meksiko dan Amerika Tengah.

coklat valentine day

Tahun 1868 Richard Cadbury mengeluarkan coklat Valentine Day pertama. Dan hal inilah yang membuat gagasan akan adanya coklat di hari Valentine.

Hal lain yang terjadi saat hari kasih sayang ini adalah pemberian kartu ucapan dimana mulai populer pada saat Abad ke-19. Kartu ucapan ini mulai populer di Inggris bersamaan dengan layanan pos pertama di Inggris.

Berbeda kembali dengan pemberian bunga pada Valentine Day. Pemberian bunga dimulai pada abad ke-18 oleh Charles II dari Swedia. Bunga tersebut melambangkan emosi atau pesan tersirat untuk penerimanya.

Itulah beberapa sejarah valentine day atau hari kasih sayang. Jangan lewatkan kisah misteri unik lainnya seperti Misteri dan Asal Usul Danau Toba yang Mengerikan.

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close