NewsSeputar Kampus

Peran Akuntan Profesional di Era Revolusi Industri 4.0 Universitas Indonesia

Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Peran Akuntan Profesional Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”. Kuliah umum ini berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, pada Rabu (21/11/2018).

Wakil Menteri Keuangan RI sekaligus Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia, Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Akt., sebagai pemateri dalam kuliah umum ini, memaparkan bahwa salah satu bidang profesi yang terkena dampak dari Revolusi Industri 4.0 ialah Akuntansi.

 

Di era ini, posisi back office pada profesi Akuntan lama-kelamaan akan tergantikan oleh software dengan berkembangnya teknologi. Akuntansi sendiri sebagai ‘bahasa global’ yang berorientasi pada perspektif dunia, melewati batas-batas geografis antar negara dan diterima sebagai bahasa akuntabilitas.

“Perlu diketahui, Akuntansi merupakan instrumen penting untuk mewujudkan akuntabilitas. Perkembangan teknologi dan industri menciptakan threat sekaligus opportunity dan akuntabilitaslah yang menjadi penengah antara kedua hal tersebut,” ujar Prof. Dr. Mardiasmo.

Akuntasi mempunyai fungsi untuk menjembatani antara risiko dan kesempatan dalam model-model bisnis.Tantangannya adalah, revolusi industri 4.0 melahirkan model-model bisnis yang semakin kompleks dengan risiko yang belum dapat dipetakan.

“Mau tidak mau akuntan profesional saat ini harus memperkuat keahlian, membuka wawasan, dan menanamkan nilai dan etika yang kuat untuk dapat bertahan menghadapi perubahan ini,” tutupnya.

Tantangan lainnya dalam dunia akuntasi saat ini adalah maraknya praktek fraud (kecurangan) yang memanfaatkan teknologi.Untuk itu, profesi akuntan harus dikelola sedemikian rupa sehingga tetap berintegritas, dimulai dari pengaturan, standar, sistem, proses, sampai tenaga manusia/profesi yang melakukannya.

 

Source link

Show More
loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close