Info Beasiswa

Mau Lanjut S2? Berikut Cara Melihat Linearitas Program Studi!

Banyak lulusan perguruan tinggi mengalami keragu-raguan saat ingin melanjutkan studi ke program S2, terutama yang ingin mengambil program S2 yang berbeda dengan program S1-nya. Keraguan itu muncul, karena ketidaklinearan bisa membuat mereka susah mendapatkan pekerjaan seperti dosen.

Linearitas merupakan kesesuaian latar belakang ilmu yang diperoleh pada program S1, S2 atau S3. Hal ini diperlukan untuk mencapai kompetensi pembelajaran pada tempat para lulusan perguruan tinggi tersebut mengajar.

Lalu apakah sarjana program Ilmu Komunikasi tidak dapat mengambil Program Ilmu Politik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya, melihat daftar rumpun Ilmu Pengetahuan yang disusun oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

Pada Daftar Rumpun Ilmu Tersebut setiap ilmu pengetahuan dibagi atas 3 (tiga) Level, yaitu Level-1, Level-2 dan Level 3. Kemudian ada sebanyak 12 rumpun ilmu yang memayungi sub rumpun dan bidang ilmu.

Sebanyak 12 rumpun ilmu itu yakni :

  1. Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama (MIPA)
  2. Rumpun Ilmu Tananaman
  3. Rumpun Ilmu Hewani
  4. Rumpun Ilmu Kedoteran
  5. Rumpun Ilmu Kesehatan
  6. Rumpun Ilmu Teknik
  7. Rumpun Ilmu Bahasa
  8. Rumpun Ilmu Ekonomi
  9. Rumpun Ilmu Sosial Humaniora
  10. Rumpun Agama dan Filsafat
  11. Rumpun Seni, Desain dan Media
  12. Rumpun Ilmu Pendidikan

Gambar Rumpun Sosial Humaniora yang dihimpun Dikti tahun 2014

Cara melihat linear atau tidaknya sebuah program studi atau jurusan dapat mengacu pada ke-12 rumpun ilmu tersebut. Misalkan bilsa saya lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi, maka saya akan mengambil Ilmu Komunikasi.

Urutan melihatnya adalah Bidang Ilmu – Sub Rumpun – Rumpun. Bidang Ilmu Komunikasi merupakan Sub Rumpun dari Ilmu Sosial, danRumpun dari Ilmu Sosial Humaniora.

Jadi:

Linearitas pertama adalah Bidang Ilmu (Level 3), yaitu Ilmu Komunikasi dengan Ilmu Komunikasi.

Linearitas terdekat selanjutnya adalah Sub Rumpun (Level 2), yaitu Ilmu Komunikasi dengan sejumlah Bidang Ilmu yang turunan langsung dari Sub Rumpun Ilmu Sosial.

Linearitas terdekat terakhir adalah Rumpun (Level 1), yaitu Ilmu Komunikasi dengan sejumlah Bidang Ilmu yang masuk kepada Rumpun dari Ilmu Sosial Humaniora.

Jadi lulusan Ilmu Komunikasi bisa melanjutkan studi ke Ilmu Antropologi, Sosiologi yang masih satu sub rumpun. Atau mengambil Ilmu Politik karena linearitasnya masih satu Rumpun.

Baca disitus asli

Show More
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close