Entertainment

10 Rekomendasi Film Indonesia Tentang Persahabatan yang Seru

Ditulis oleh – Diperbaharui 31 Januari 2019

Film bertema persahabatan merupakan film yang cukup diminati anak muda. Orang-orang selalu suka melihat hubungan persahabatan yang erat. Melalui film, kita nggak cuma melihat tetapi juga seperti ikut merasakan.

Nggak heran kalau film bertema persahabatan digemari banyak orang, karena rasanya memang bikin candu, cocok buat ditonton bareng-bareng sama sahabat. Dari film itu juga kita bisa belajar lebih banyak tentang hubungan persahabatan.

Persahabatan adalah hubungan yang dibutuhkan setiap orang selain keluarga. Makanya ada istilah keluarga kedua untuk menggambarkan hubungan persahabatan. Namun, sebagaimana setiap hubungan, pasti nggak selamanya berjalan mulus. Tentu saja ada konflik yang datang dari waktu ke waktu, seperti halnya dengan beberapa film persahabatan yang kami rekomendasikan ini.

Dalam film persahabatan digambarkan untuk belajar bagaimana menjaga dan merawat hubungan persahabatan, menghadapi konflik, sampai memperbaiki hubungan persahabatan yang pernah retak.

10 Film Persahabatan yang Bagus untuk Ditonton

1. Realita Cinta dan Rock n Roll [2006]

Film yang disutradarai oleh Upi Avianto ini cukup booming pada masanya. Ada Herjunot Ali dan Vino Bastian yang membintangi film ini. Mereka dua orang sahabat yang lebih dari sekadar dekat, ditambah seorang Nadine Candrawinata yang mewarnai persahabatan mereka.

Anak SMA, mobil tua yang gagah, dan rock n roll menjadi tiga kata kunci utama film ini. Gelora jiwa muda yang sangat terasa, lengkap dengan aneka pemberontakan mereka. Nggak heran kalau banyak remaja menyukai film ini. Semua yang diceritakan di film ini adalah semua yang dicari para kawula muda.

2. Alexandria [2005]

 

Film persahabatan Indonesia yang satu ini ramai diperbincang orang pada masanya. Terutama karena ini bukan cuma film, tetapi juga album Peterpan yang kala itu sedang naik daun. Lagu-lagu Peterpan menjadi Original Soundtrack film ini.

“Tak Bisakah”, “Menunggu Pagi, “Di Belakangku” adalah beberapa lagu yang menghiasi film ini. Julie Estelle, Marcel Candrawinata, dan Fachri Albar membintangi film ini. Mereka memerankan Bagas, Rafi, dan Alexandria yang bersahabat. Namun kemudian, konflik-konflik yang hadir mengharuskan Alex untuk memilih antara Bagas dan Rafi.

3. Mengejar Matahari [2004]

 

Mungkin kamu pernah mendengar lagu “Mengejar Matahari” yang dinyanyikan oleh Ari Lasso? ah, lagu itu berasal dari film ini. Berkisah tentang persahabat yang terjalin sejak kecil antara Ardi, Damar, Nino, dan Apin dan diperankan oleh Winky Wiryawan, Fauzi Baadila, Fedi Nuril, Udjo Project Pop.

Mengejar matahari adalah ritual yang mereka lakukan sejak kecil. Mereka akan berlari dari satu titik ke titik lain di kompleks mereka dan bersaing siapa yang sampai lebih dulu. Seiring waktu mereka bertambah dewasa, banyak konflik yang harus mereka hadapi.

Bukan cuma soal hadirnya Rara yang dekat dengan Ardi, namun juga karena karakter personal masing-masing, keadaan keluarga, dan lain-lain. Cerita yang disajikan sangat menginspirasi. Terutama soal persahabatan dan meraih mimpi.

4. Serigala Terakhir [2009]

 

Film persahabatan Indonesia yang satu ini termasuk yang paling seru karena dibumbui dengan berbagai aksi yang menjadi penggerak cerita. Singkatnya, film persahabatan Indonesia yang satu ini ‘laki banget’ karena menceritakan persahabatan pria-pria macho dan kriminal.

Meski film ini termasuk drama kriminal, tapi banyak nilai-nilai persahabatan yang bisa kamu petik, karena ceritanya nggak cuma menceritakan persahabatan tetapi juga pengkhianatan, ada kebaikan, ada kejahatan. Film yang seru untuk ditonton dewasa muda.

Di dalam film, ini kamu akan melihat bagaimana persahabatan anak kampung yang berujung menjadi kelompok kriminal. Penindasan yang berujung pada pembalasan. Juga, pengkhianatan yang kelak membawa kesakitan.

5. 5 cm [2012]

 

Siapa, sih, yang nggak kenal film persahabatan Indonesia yang satu ini? Diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Donny Dirgantoro, film ini berhasil membuat banyak orang menjadi anak gunung. Sedikit banyak berkontribusi untuk tren naik gunung yang semakin hari, semakin banyak peminatnya.

Ceritanya tentang lima orang yang sudah bersahabat lama sekali. Suatu hari, mereka membuat perjanjian supaya nggak ketemu dulu untuk beberapa waktu. Lalu, ketika bertemu lagi, mereka akan melakukan sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

Film yang indah dan menginspirasi. Menyampaikan pesan-pesan yang kuat dan mengena tentang persahabatan, mimpi, dan proses. Film ini akan memberi kamu sudut pandang baru tentang semesta dan segala mimpi yang dimilikinya.

6. Negeri Van Oranje [2015]

 

Kamu punya cita-cita sekolah di luar negeri, nggak? Kalau iya, film persahabatan Indonesia yang satu ini cocok buat kamu tonton. Ini tentang lima orang sahabat yang kuliah di luar negeri, tepatnya Belanda.

Konflik yang disajikan cukup ringan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Konfliknya tentang rahasia yang dipendam, tentang persaingan diri laki-laki, dan cinta tentu saja. Konflik itu dijahit ke dalam sebuah cerita utuh yang menghibur sekaligus bermakna.

7. 30 Hari Mencari Cinta [2004]

 

Film persahabatan Indonesia yang satu ini bukan cuma mengandung drama, tetapi juga komedi yang segar. Film ini bercerita tentang tiga orang sahabat yang diperankan oleh Nirina Zubir, Maria Agnes, dan Dinna Olivia. Mereka bersahabat karib sejak SMA.

Mereka masih bersama ketika kuliah sampai dijuluki ‘The Lesbians’ karena nggak pernah kelihatan jalan bareng cowok. Satu-satunya cowok yang berhubungan dengan mereka adalah Bono, tetangga mereka yang diperankan oleh Revaldo.

Suatu hari, setelah menonton film Titanic, mereka sadar kalau mereka nggak pernah mikirin cinta. Setelah itu, mereka memutuskan untuk mulai mencari cinta. Mereka bertaruh dalam 30 hari, siapa yang lebih dulu mendapatkan cinta maka dia pemenangnya. Dari sanalah konflik dimulai.

8. Jomblo [2006]

 

Film persahabatan Indonesia yang ini sangat kental dengan nuansa komedinya. Diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Adhitya Mulya, film ini mengisahkan tentang empat orang sahabat yang mencoba mencari makna cinta.

Olip yang sangat pemalu, Bimo yang absurd, Agus yang konyol, dan Doni yang paling ganteng di antara mereka. Mereka mencari dan memaknai cinta dengan cara masing-masing. Film ini menghadirkan kelucuan sekaligus kemarahan yang natural sehingga membuat siapapun yang menontonnya merasa gemas dan relate dengan film ini.

9. Garasi [2006]

 

Kamu tahu, nggak, kalau Fedi Nuril yang sekarang menjadi bintang film terkenal itu sebelumnya adalah anak band? Nama band nya adalah Garasi. Nah, film Garasi ini mengisahkan tentang mereka, tiga orang remaja yang hidup dari bermain musik.

Perjalanan mereka diwarnai oleh berbagai konflik, mulai dari kesalahpahaman, pertentangan dari keluarga, sampai pandangan negatif masyarakat sekitar. Di sinilah mereka diuji, sebagai sebuah band sekaligus sebagai tiga orang yang bersahabat.

10. Catatan Akhir Kuliah [2015]

 

Film persahabatan Indonesia yang ini juga kental komedinya. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Sam Maulana dan dibintangi oleh Muhadkly Acho, Ajun Perwira, dan Abdur Arsyad, tiga orang sahabat yang berjanji akan wisuda bersama.

Sam gagal menepati janji tersebut, ditambah lagi perempuan yang ditaksir Sam ternyata punya pacar. Sam berada di titik terendah dalam hidupnya. Dia harus menyelesaikan masalah itu pelan-pelan. Film yang menarik dan lengkap, ada persahabatan, perjuangan, dan cinta yang dikemas dalam sebuah tontonan yang menghibur.

Itulah kesepuluh rekomendasi film persahabatan dari kami. Film persahabatan Indonesia yang mana yang sudah kamu tonton? Atau mungkin kamu punya tambahan yang belum diinformasikan? Silakan tulis di kolom komentar, ya! Kamu juga boleh berbagi dan pembaca juga akan senang kalau mendapat tambahan rekomendasi.

Source link

Show More
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close