Kolom

50% Mahasiswa Universitas Brawijaya malang Terancam Golput

Infokampus.news, Malang – Total sebanyak 50% mahasiswa Universitas Brawijaya Malang terancam golput lantaran sebagian mahasiswa yang berkuliah di kampus ini memiliki hak pilih di kampung halaman di luar provinsi Jawa Timur. Banyak dari mahasiswa ini diprediksi akan golput karena biaya untuk mudik kilat dinilai cukup tinggi, apalagi jika mereka berdomisili di luar pulau jawa.

Hal ini diungkapkan dosen Fakultas Ilmu Administrasi UB Andhyka Muttaqien dalam acara Bonsai yang digelar kemarin (7/2).

“40% mahasiswa UB dari Jabodetabek 10% dari luar Jawa sisanya 50% baru Jatim. Jadi kalo untuk milih saja berapa ongkos yang harus mereka keluarkan? Bayangan saya tidak mungkin mahasiswa luar Jatim akan memilih.” Terangnya.

Namun demikian 50% mahasiswa yang diprediksi angkanya hampir mencapai 30 ribu orang ini nantinya akan dibuatkan TPS khusus di area kampus. Menilik dari pemilihan umum 5 tahun lalu para mahasiswa ini mendapat kemudahan semacam ini.

“Kami akan koordinasikan dengan pihak terkait untuk hal ini. Angka besar ini hanya UB saja lho belum lainnya, saya yakin sangat banyak di Malang ini apalagi jika ditotal di seluruh PT di Indonesia.” Imbuhnya.

Tapi batas untuk mengurus ‘pindah suara’ alias pemindahan lokasi pemungutan suara ini dibatasi hingga 17 Februari saja. Artinya waktu yang diberikan untuk mengurus berkas-berkas sangat singkat.

“Iya banyak mahasiswa mau kalau tidak ribet, kalau ribet kebanyakan mereka pasti menolak. Ya kami akan upayakan semaksimal mungkin,” Tukasnya. (Pus)

Source link

Show More
loading...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close