Tak Berkategori

Wisata Religi ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Wisata Religi ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Berhadapan langsung dengan Sungai Martapura, Masjid Sabilal Muhtadin berdiri megah di jantung kota Banjarmasin. Nama Masjid Sabilal Muhtadin diambil dari nama seorang ulama besar, Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari (1710-1812). Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari dikenang karena jasanya mengembangkan Islam di Kerajaan Banjar dan menjadi penulis kitab Sabilal Muhtadin.

Wisata Religi ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Menjadi Masjid terbesar di Banjarmasin dan memiliki keunikan bentuk bangunannya maka tak salah jika masjid ini dikatakan sebagai Masjid Kebanggaan Masyarakat Banjarmasin. Masjid ini dibangun di atas tanah berluas 100.000 m2 dimana pada masa Hindia Belanda merupakan area yang dinamakan Fort Tatas atau Benteng Tatas karena berada di komplek Asrama Tentara Tatas. Masjid ini berlapiskan marmer di setiap sisi temboknya dan memiliki lima menara yang menjulang tinggi.

Masjid megah ini mulai didirikan pada 10 November 1974 dan telah jadi pada Oktober 1979. Masjid yang mampu menampung 15.000 jamaah ini terbagi atas dua bagian. Bagian dalam ruangan yang dapat menampung hingga 7500 jamaah dan bagian halaman yang mampu menampung 7500 jamaah.

Menarik Di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Selain dapat menikmati keindahan arsitektur masjid yang unik, Anda juga bisa melakukan beberapa hal ketika di areal wisata Masjid Raya ini, diantaranya ialah:

1. Berkeliling

Berkeliling di seputaran areal masjid untuk sekedar menikmati arsitektur unik dari masjid ini hanya akan memakan waktu beberapa saat saja. Maka berkelilinglah ke daerah lainnya seperti Sungai Martapura, Sungai Kuin, Pasar apung Muara Kuin, Pulau Kembang dan Sungai Barito.

Jika Anda ingin lebih mengenal budaya Islam di tempat ini, maka berkunjunglah ke Masjid Sultan Suriansyah di Jalan Djok Mentaya. Masjid ini memiliki keterkaitan yang erat dengan Sultan Suriansyah sebagai pendiri dan raja pertama kerajaan Banjar.

2. Kuliner

Kuliner Andalah Banjarmasin ialah Soto Banjar yang dapat di temukan di sudut-sudut kota Banjarmasin. Selain soto banjar, Anda juga dapat mencoba menu lainnya yaitu Ketupat kandangan. Kuliner berupa ketupat yang disiram dengan kuah hangat dan ditaburi bawang goreng di atasnya ini, dilengkapi dengan ikan haruan sebagai pelengkapnya.

3. Kajian Keislaman

Masjid Raya Sabilal Muhtadin selalu menjadi pusat kajian keislaman dan peringatan hari-hari besar. Hampir setiap harinya di tempat ini diadakan pengajian Islam. Kemudian pada malam jum’at ada juga pengajian besar yang diadakan di tempat ini juga.

Transportasi

Kalimantan Selatan dapat dicapai melalui Bandar Udara Syamsudin Noor di Banjarmasin. Masjid ini terletak di Jalan Sudirman dan berada tepat di jantung kota. Dengan letaknya yang strategis ini, maka Anda tidak akan menemui kesulitan untuk mencapai tempat wisata ini.

Akomodasi

Di banjarmasin Anda akan dengan mudah menemukan pengindapan dan Hotel. Namun jika Anda ingin informasinya, Anda bisa menggunakan rujukan ini:

Hotel Kuripan

Jalan A. Yani, Banjarmasin   (0511)-3268529

Hotel Barito Palace

Jl. Haryono MT 16-20 Banjarmasin  +62 511 673OO

Hotel Sampaga

Jl. Mayjen. Soetoyo S No.128 Banjarmasin  +62 511 52753

Hotel Banjarmasin

Jl. A. Yani Km 3,5 Banjarmasin  +62 511 67007

Hotel New River City

Jl. R.E. Martadinata No.6 Banjarmasin  +62 511 52983 (HM, sumber gambar)

Source link

Show More
loading...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close