InfoNasional

Pendaftaran Pengumuman CPNS SSCN.BKN.go.id 2018/2019

 

SSCN.BKN.go.idPendaftaran Pengumuman CPNS SSCN.BKN.go.id 2018/2019 Mekanisme Pendaftaran Pengumuman CPNS Sscn.bkn.go.id Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu profesi idaman yang diinginkan oleh sebagian besar warga negara Indonesia. Pendaftaran CPNS selalu dibuka setiap tahunnya untuk menyaring sumber daya manusia berkualitas.
Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadi instansi yang bertanggungjawab terhadap proses selesksi PNS. Seiring peningkatakan taraf hidup dengan memanfaatkan teknologi digital, pendaftaran untuk menyaring tenaga kerja baru dilakukan secara online. Hal ini tentu menuntut anda untuk mengetahui mekanisme pendaftaran pengumuam CPNS sscn.bkn.go.id.

Link tersebut mengarah kepada website resmi untuk mengarah kepada halaman pendaftaran CPNS 2018. Simak artikel berikut untuk mengetahui detail pendaftaran CPNS hingga tahap pengumumannya.

Syarat Pendaftaran CPNS Secara Umum

Sebagai pendaftar CPNS anda perlu mengetahui beberapa persyaratan umum yang ditetapkan oleh pemerintah. Persyaratan tersebut akan membantu anda memiliki kualifikasi dasar untuk mendaftar sebagai CPNS. Berikut persyaratan secara umum yang perlu anda ketahui.

1. Warga Negara Indonesia

Syarat utama untuk mendaftar CPNS adalah anda harus memiliki kewarganegaraan Indonesia. Hal itu menandakan bahwa anda perlu patuh terhadap Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, anda juga harus patuh terhadap setiap kebijakan pemerintah yang diberlakukan di Indonesia. Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, anda juga perlu memiliki kesehatan jasmani dan rohani.

2. Berkelakukan Baik

Syarat selanjutnya untuk menjadi CPNS adalah anda harus memiliki kelakuan yang baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan. Anda juga harus terbebas dari berbagai keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum. Anda juga harus terbebas dari segala bentuk tindak pidana kejahatan. Hal itu akan menjadi poin penting terhadap calon pengawai negeri.

3. Tidak Diberhentikan dengan Hormat Sebagai PNS sebelumnya

Sebagai calon PNS, anda juga harus memiliki riwayat yang baik. Riwayat baik ini dapat dibuktikan dengan tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau tidak dengan permintaan sendiri. Diberhentikan dalam hal ini termasuk sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan secara tidak hormat dari pegawai swasta.

4. Tidak Terkait dengan Partai Politik

Setiap CPNS harus terbebas dari ikatan partai politik baik sebagai pengurus ataupun anggota partai politik. Anda harus berfokus untuk menjalankan tugas sebagai pegawai negeri sehingga perlu terbebas dari partai politik.

Pemerintah biasanya mengadakan seleksi untuk penerimaan pegawai negeri sipil secara rutin setiap tahunnya. Mekanisme pendaftaran pengumuman CPNS sscn.bkn.go.id perlu anda ikuti agar daat mendaftar sesuai dengan ketentuan. Jumlah kapasitas penerimaan biasanya berbeda setiap tahun tergantung kebutuhan. Walaupun diadakan setiap tahun, seleksi CPNS selalu menjadi sorotan. Hal itu dikarenakan jumlah penerimaan tidak sebanding dengan pendaftar. Hal itu dapat menjadi dorongan untuk anda agar dapat meningkatkan kualitas diri agar dapat bersaing dengan kandidat lainnya.

Dokumen Penting yang Perlu Dipersiapkan sebagai Persyaratan

Seleksi administrasi menjadi tahapan awal untuk memilih pelamar yang sesuai dengan kriteria dengan melihat beberapa dokumen tertentu. Terdapat beberapa dokumen yang perlu anda persiapkan seabai persyaratan untuk mendaftar CPNS. Dokumen tersebut berbeda antara pendaftar SMA/DII dan Sarjana. Anda perlu memperhatikan dengan baik agar anda dapat lolos seleksi administratif. Berikut dokumen yang perlu anda persiapkan.

Dokumen untuk pendaftar profesional atau sarjana.

  1. Fotokopi KTP
  2. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm 4 lembar dengan latar belakang merah
  3. Fotokopi Ijazah terakhir beserta Transkip Nilai yang telah Dilegalisir
  4. Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT

Dokumen tersebut dapat dilampirkan sebagai pendukung registrasi anda melalui website. Kemudian terdapat beberapa dokumen tambahan yang diperuntukkan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat.

  • Materai Rp 6.000
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah/STTB
  • Fotokopi Ijazah SD
  • Fotokopi Ijazah SLTP
  • Fotokopi Ijazah SLTA

Keseluruhan dokumen tersebut perlu anda persiapkan sebagai syarat pendaftaran CPNS. Kelengkapan dokumen juga akan mempengaruhi potensi anda untuk lolos seleksi tahap awal. Setelah anda menyediakan semua dokumen yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran secara online.

Anda perlu mengikuti alur mekanisme pendaftaran pengumuman CPNS sscn.bkn.go.id. Setiap langkah perlu anda simak dan lakukan dengan benar agar dapat melakukan pendaftaran tanpa hambatan.

Mekanisme Pendaftaran Pengumuman CPNS sscn.bkn.go.id

Mekanisme pendaftaran secara online dapat anda lakukan melalui website resmi BKN dan mengikuti langkah yang telah ditentukan. Berikut alur pendaftaran yang perlu anda ikuti untuk mendaftarkan diri sebagai calon CPNS.

  1. Langkah pertama anda perlu melakukan pendafaran yang sesuai dengan portal yang telah disediakan BKN untuk CPNS daerah. Anda dapat mengakses link sscn.bkn.go.id dan memulai melakukan registrasi.
  2. Lakukan pengisian formulir secara lengkap dan sitematis. Anda mungkin perlu melakukan pengisian data disertai tanda tangan. Isikan setiap form sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.
  3. Setelah itu anda akan memperoleh nomor sebagai bukti bahwa anda telah melakukan registrasi.
  4. Langkah berikutnya adalah mengupload atau mengunggah seluruh dokumen yang telah anda persiapkan sesuai dengan kebutuhan. Anda juga perlu menyertakan pas foto sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Kirim seluruh berkas pendaftaran yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh BKN.

Setelah melakukan registrasi secara online, langkah selanjutnya adalah anda dapat menunggu hingga hasil seleksi administratif selesai dilaksanakan. Pengumuman biasanya akan dilakukan melalui website. Mekanisme pendaftaran pengumuman CPNS sscn.bkd.go.id akan memudahkan anda untuk melakukan registrasi dan mengakses pengumuman hasil selesi. Prosedur yang dilakukan secara online tentu akan memudahkan anda untuk dapat memiliki akses dimana saja dan kapan saja.

Tahapan Setelah Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS

Lolos tahapan seleksi bukan berarti anda merasa lega. Anda akan dihadapkan pada tahapan selanjutnya yang dapat menentukan diterima atau tidaknya anda sebagai pegawai negeri. Terdapat beberapa seleksi lanjutan yang akan dilaksanakan yaitu Seleksi Kompetensi Dasar  (SKD) dengan CAT BKN yang telah dijadwalkan dan Seleksi Kompetensi Bidang.

Kedua jadwal seleksi tersebut akan dilaksanakan sesuai dengan ketetapan BKN. Informasi mekanisme pendaftaran pengumuman CPNS sscn.bkn.go.id dapat anda ketahui dengan mengakses website resmi bkn di bkn.go.id. Pendaftaran CPNS 2018 akan segera dibuka sehingga anda perlu mempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan jutaan pelamar dari seluruh Inodesia.

Anda juga perlu berhati-hati karena proses registrasi dan seleksi tidak dipungut biaya sehingga ketika anda dimintai sejumlah dana yang mengatasnamakan panitia, itu bukanlah tindakan yang benar. Ikutilah tahapan seleksi dengan sportif untuk memajukan Indonesia kearah yang lebih baik.

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close