Aspirasi Mahasiswa

Konsisten, Suksesmu Pasti Paten

KONSISTEN, SUKSESMU PASTI PATEN!!

  • Arif assenge

Sudah banyak bukti yang kita dapati tentang kemanjuran dan keberhasilan seseorang yang sukses (berhasil hidupnya) hari ini karna ‘konsisten’. Bukan mereka yang dulunya leha – leha yang hari ini hidupnya bisa sukses, bukan pula mereka yang tidak tekun dengan  apa yang sedang dikerjakan dulu yang kemudian membawa namanya menjadi besar dikemudian hari, tapi mereka yang selalu konsisten dengan apa yang mereka tekuni dan mereka cita – citakan. Ibaratnya, kita percaya bahwa kita semua bisa hidup sampai detik ini tidak pernah bisa terlepas dari “konsistensi” bumi mengelilingi matahari, Mengapa saya katakan demikian ? Karena kita sadari bersama bahwa mengapa sampai saat ini milyaran mahluk yang ada di muka bumi hingga saat ini masih bisa bernafas, tidak lain karena bumi konsisten dengan mengelilingi matahari (revolusi) dan juga bisa mengimbangi perputarannya sendiri (rotasi) dengan seimbang selama kurang lebih sudah 5 miliar tahun lamanya.

Dan jika saja bumi sudah tidak konsisten lagi dan tidak bisa mengimbangi itu semua jelas akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup seluruh mahluk yang ada di dalamnya, jika tidak tertarik oleh matahari kemungkinan planet ini terpental entah kemana. Dengan kapasitas perputaran yang sangat cepat dan tinggi tersebut bumi dengan begitu konsisten melakukan tugasnya tanpa lelah, tidak istirahat sedikitpun untuk melakukannya dan tanpa mengeluh. Berangkat dari cotnoth ini kita perlu sadari bersama bahwa keinginan dan cita – cita yang tinggi tidak akan kita peroleh jika kita tidak bisa konsisten melakukannya. Maka siapakah mereka yang bisa konsisten? Yaitu mereka yang bisa menekuni keinginannya dengan idealismenya, tidak goyah dengan doktrin – doktrin yang sifatnya menyurutkan semangat hingga akhirnya harus meninggalkan sesuatu yang sedang ditekuni dan juga tidak mudah terpengaruh dengan kata kata orang lain yang bisa melemahkan jiwa.

Konsisten merupakan kunci menuju kejayaan. Saya pikir mereka yang gagal saat ini karena mereka tidak bisa memegang kunci tersebut dengan baik dan selalu putus asa jika terjatuh, padahal disamping konsisten kita sukses, juga karena kita yang sering jatuh lalu terbangun kembali untuk selalu mencoba, bukan malah menyerah dan putus asa begitu saja. Tidak ada sesuatu apapun yang dapat diperoleh secara instan dan memuaskan, semua butuh proses yang tidak sebentar, proses yang lama hanya akan berhasil jika sampai titik akhir kita bisa konsisten walaupun dengan segala rintangan dan keperihan yang pahit dan menyedihkan. Seperti peledakan gedung WTC tahun 2001 lalu di Amerika, yang kemudian disebut sebagai peristiwa 11/sep ditabrak oleh sebuah pesawat. Sebelumnya, 500 tahun yang lalu pernah diramalkan oleh para petinggi Amerika bahwa peledakan gedung tersebut akan terjadi, dengan menggambar gedung kembar yang meledak pada pecahan uang $20 yang dikatakan bahwa pecahan tersebut seudah berusia 500 tahun. Saya fikir ini adalah sebuah konsistensi yang dipegang teguh oleh para presiden amerika secara turun temurun hingga sampai kepada Barach Obama dengan tanpa ada seorangpun yang tahu tentang rahasia ini. Coba bayangkan, selama 500 tahun mereka tetap konsisten dengan baik untuk kesuksesan sebuah kebohongan besar – besaran kepada umat manusia atas peledakan gedung WTC tersebut. Bisakah kita konsisten seperti mereka?.

Yang perlu kita ambil pelajaran dari peristiwa diatas adalah bukan soal pembohongan besar yang dilakukan Amerika, tetapi sebuah konsistensinya yang perlu kita ikuti dan kita amalkan dalam semua hal yang positif.

Masih banyak contoh – contoh lain yang bisa kita lihat sebagai bahan motivasi untuk kemajuan kita dengan memegang erat kunci konsisten tadi. Dan perlu kita ingat pula bahwa apapun bentuk kesuksesannya pasti tidak terlepas dari konsistensi.

Setiap manusia itu unik, maka dengan keunikannya tersebut kita bisa dikenali oleh banyak orang, namun seberapa besar kita bisa menemukan dan mempertahankan keunikan itu dalam diri kita, dan seberapa mampukah kita konsisten dengan itu semua. Lagi-lagi konsisten yang diutarakan, karena keunikan kita bisa abadi jika kunci itu bisa kita pegang dengan kuat dan kokoh.

You might also like
Comments
Loading...