Aspirasi Mahasiswa

Wajah Indonesia di Cover Majalah TIME’

Dalam sejaraha salah satu majalah berita paling bergengsi di dunia,yaitu majalah TIME,tercatat ada beberapa tokoh Indonesia yang pernah menjadi cover majalah asal Amerika Serikat(AS) yang terbit pertama kali tahun 1923, Indonesia sebagai tokoh menjadi kaver majalah besar dan berpengaruh di kancah dunia,sehingga menjadi inspirasi dunia.Berikut ini,”wajah Indonesia di cover majalah TIME”.

1413461584

Sejak edisi pertama kali diluncurkan pada 3 Maret 1923, TIME sudah memasang ketujuh wajah Presiden Indonesia sebagai sampulnya. Kisah mereka diulas karena terpilih sebagai presiden dan keberhasilannya dalam sejumlah bidang.

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, diangkat menjadi sampul pada 23 Desember 1946. Soekarno ditampilkan dengan lukisan tangan. Ia digambarkan sedang berteriak menggelorakan kemerdekaan Indonesia dengan latar belakang sejumlah tangan pejuang sedang menegakan tiang bendera Merah Putih. Soekarno mulai menjabat sebagai presiden pada 18 Agustus 1945,dan Soekarno menjadi cover majalah selama tiga kali dalam majalah TIME.

Soeharto, menjadi sampul TIME pada 15 Juli 1966. Meski belum menjadi presiden, ia diangkat karena perannya dalam meruntuhkan paham komunis di Indonesia. Dalam sampul tersebut, Suharto digambarkan tersenyum dengan seragam militer kebesarannya serta tagline “Indonesia: The Land the Communict Lost.” Soeharto dilantik menjadi presiden kedua Indonesia pada 22 Februari 1967.

Presiden keempat Abdurrahman Wahid dan kelima Megawati Soekarnoputri ditampilkan bersamaan dalam TIME edisi 6 Agustus 2001. TIME memberi judul “Fade Out Fade In” menyusulnya lengsernya Gus Dur yang baru memerintah kurang dari dua tahun dan dilanjutkan Megawati.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjadi presiden keenam tampil di sampul TIME pada 24 Januari 2005 dengan judul “We Are Grateful.” Hal ini mengacu pada perannya dalam menjembatani bantuan internasional dan tantangan Aceh setelah dilanda Tsunami pada Desember 2004. SBY dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober 2004.

iwan

Ini adalah satu-satunya tokoh Indonesia bukan Presiden yang dijadikan cover Majalah TIME. Dia adalah Iwan Fals, legenda hidup musik Indonesia. Dia menjadi cover TIME edisi 29 April 2002. Iwan Fals dinobatkan sebagai salah satu pahlawan Asia oleh TIME, karena pengaruhnya dan perjuangannya dalam menyuarakan suara hati rakyat kecil. Wajah Iwan Fals yang penuh harapan terpampang penuh di cover TIME dengan gitar di sisinya.

Yang terbaru adalah Jokowi, ia menjadi cover Majalah TIME edisi 27 Oktober 2014, atau seminggu setelah pelantikan Jokowi sebagai presiden ke-7 Indonesia pada Senin, 20 Oktober 2014. Cover itu tampil dengan headline “A New Hope” (Harapan Baru). Di bawah tulisan tersebut tertulis kalimat “Indonesia President Joko Widodo Is A Force of Democracy” (Jokowi adalah kekuatan untuk demokrasi).

TIME memasang foto close up wajah Jokowi yang mengenakan batik warna cokelat, dengan mimik wajah serius. Adapun tulisan tentang Jokowi pada TIME dibuka dengan gambaran kesederhanaannya. TIME menuliskan bagaimana Jokowi berbaur dengan masyarakat lewat pilihannya duduk di kursi ekonomi pada penerbangan Garuda Indonesia GA 226 menuju Solo dan kesederhanaan-kesederhanaan lainnya.

sumber : diolah dari sejarahri.com dan beritasatu.com,.SINERGI BANGSA

You might also like
Comments
Loading...