Aspirasi Mahasiswa

Bengini Penampakan Sisi Lain Peta Dunia

Keberadaan teknologi tentu tidak lain adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia, seperti dengan munculnya teknologi satelit dan pengolahan data modern dalam proses pembacaan atlas dunia, teknologi tersebut mampu menggambarkan secara jelas segala aktivitas didunia berdasarkan katogori tertentu seperti prilaku manusia, fenomena alam, prubahan musim, konstalasi politik dan budaya dll. Aktivitas ini kemudian digambarkan secara simpel dan jelas.

Seorang profesor geografi sosial di Universitas Newcastle, Alastair Bonnet memperlihatkan gambaran unik dari tren global yang ada di dunia. Meliputi dataran, laut dan udara, ia memberi berbagai data tentang hal-hal menarik yang terjadi di bumi lewat media peta bumi.

Sebagai contoh, dari peta yang dirilisnya, Indonesia ternyata termasuk negara yang paling banyak memiliki hewan beracun. Orang Indonesia juga termasuk yang paling ramping di dunia, dengan hanya memiliki 10-20% penduduk yang kegemukan. Berikut 11 peta menarik yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Rute Pelayaran Kapal

Garis-garis terang biru yang memenuhi peta diatas adalah jalur pelayaran kapal yang melintasi samudera. Perjalanan yang paling banyak dilakukan tampak berada di Pasifik Utara dan Atlantik Utara, serta Samudera Hindia. Banyak juga kapal yang menggunakan garis pantai sebagai navigasi pelayaran mereka.

Hantaman Asteroid


Data peta ini dirilis pada November 2014 oleh NASA. Menunjukkan sebaran hantaman asteroid di seluruh dunia dengan ukuran dari 1 meter hingga 20 meter, antara tahun 1994 sampai 2013. Titik kuning menandakan hantaman terjadi di siang hari, sementara titik biru pada malam hari. Dari sebaran titik yang merata di seluruh permukaan bumi, menandakan tak ada tempat untuk sembunyi dan terhindar darinya.

Lautan Tak Terjamah


2.700 ilmuwan dan 5.040 ekspedisi telah mencoba memerinci kehidupan laut di bawah air. Diambil dari studi di tahun 2010 oleh lembaga Centre for Marine Life, wilayah merah muda menandakan daratan, biru muda adalah laut yang telah dijelajahi dan warna biru tua adalah laut yang hanya terjamah oleh sedikit ilmuwan dan kebanyakan belum dijelajahi.

Ini termasuk hamparan luas Samudera India, wilayah selatan Atlantik dan Pasifik. Bonnet menyatakan ada 750.000 spesies yang tertangkap radar namun belum bisa diketahui spesiesnya.

Serangga yang bisa dimakan

Dalam peta ini, Indonesia termasuk negara yang punya banyak serangga layak konsumsi. Namun dikawasan asia tenggara, Thailand merajai dengan 200-300 spesies serangga bisa dimakan. Meski Thailand dikenal sebagai pemakan serangga terbanyak selain Cina, peta ini tidak menunjukkan seberapa banyak orang memakan serangga, tapi menunjukkan jumlah spesies serangga yang bisa dimakan di suatu negara.

Negara Paling Rentan terhadap Bencana Alam

Berdasarkan laporan resiko yang dihadapi dunia oleh PBB di tahun 2012, area berwarna hijau tua adalah yang paling beresiko tertimpa bencana alam. Lihat peta Indonesia, kepulauan kita berwarna hijau paling tua, ini berarti Indonesia termasuk negara yang paling rentan tertimpa bencana alam.

Kepemilikan Senjata

Peta ini menunjukkan jumlah senjata pribadi yang dimiliki penduduk suatu negara berdasarkan data tahun 2007. Sebagian besar senjata dimiliki AS, dimana sekitar ada 80 senjata dimiliki tiap 100 orang, ini adalah kepemilikan 42% senjata api di dunia, diikuti Yaman, Jerman dan Islandia. Indonesia termasuk yang paling aman dari senjata api.

Jumlah Hewan Beracun


Diambil dari database Living Hazard, yang disimpan pemerintah AS, terdapat sekitar 500 spesies binatang beracun di seluruh dunia. Meksiko punya 80 spesies hewan beracun, Brasil 79, Australia 66. Indonesia termasuk yang paling banyak memiliki hewan beracun dengan lebih dari 50 spesies hewan beracun.

Negara Paling Damai


Diolah dari Global Peace Index yang dipublikasikan oleh Institute for Economic and Peace, Indonesia termasuk negara yang damai. Sementara yang paling aman adalah Kanada, Selandia Baru, Portugal, Islandia, Austria dan Jepang. Negara paling berbahaya dari segi keamanan adalah Irak, Sudan Selatan dan Suriah.
Negara Paling Bahagia

Damai belum tentu bahagia, tampak bagai sebuah ironi. Tapi inilah yang terjadi di Indonesia. Dari peta tingkat kebahagian diatas, Indonesia termasuk negara damai yang belum bahagia. Nilai indeks kebahagiaan Indonesia hanya 4.76 – 5.70.
Menurut data lembaga UNSDSN di tahun 2016, Indonesia hanya menempati urutan ke-79 negara paling bahagia di dunia.

Polusi Udara


Meski kota-kota besar di Indonesia sudah terasa sumpek oleh polusi udara, namun secara keseluruhan, Indonesia termasuk negara dengan tingkat polusi rendah. Anda bisa lihat dari peta diatas.

Negara dengan Penduduk Paling Gemuk

Diilustrasikan lewat persentase jumlah penduduk yang kegemukan, peta ini dibuat berdasarkan data WHO tahun 2014. Area paling gelap menunjukkan tingkat kegemukan penduduk yang tinggi. AS, Arab Saudi dan Libya termasuk yang banyak memiliki penduduk obesitas. Sementara Indonesia termasuk yang paling sedikit.

Ada 50 peta dunia dengan beragam informasi menarik lainnya yang dimuat profesor Bonnet. Ia mengumpulkannya dalam sebuah buku berjudul New Views – The World Mapped Like Never Before yang terbit pada 26 Oktober 2017 menda

You might also like
Comments
Loading...