Kolom

Didik Jiwa Disiplin dan Kreatif, Mahasiswa KKN 2018 UNIKAMA Ditantang Keluar Dari Zona Nyaman

Infokampus.news, Malang – Sebanyak 1.675 mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) dituntut keluar dari zona nyaman. Karena mulai Hari ini (16/7) mahasiswa diterjunkan ke 41 desa dikabupaten Malang untuk melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2018. Melalui kegiatan ini, ketua pelaksana Dr. Sudiyono, M.Pd., mengaku UNIKAMA ingin melatih mahasiswa agar benar-benar memiliki jiwa disiplin dan kreatif.

“Tahun ini ada yang berbeda, jadi selesai KKN mereka membuat laporan akhir kemudian juga harus memvideo kegiatan tersebut. Jadi seluruh kegiatan harus divideokan lalu harus dipublikasikan baik ke media cetak maupun online dan diunggah ke youtube,” ungkapnya saat ditemui tim infokampus.news.

Pelaporan dengan video dan juga publikasi ini ditujukan agar para mahasiswa tidak melakukan program mereka dengan level standar. “Kalau begini kan mereka malu kalau membuat laporan atau program yang biasa-biasa saja,” tukasnya.

Selain mengasah kemampuan para mahasiswa agar lebih total dalam melakukan KKN, pihaknya juga ingin para mahasiswa ini berkontribusi penuh dalam pengabdian masyarakat. Ia mengungkapkan tidak sedikit desa yang membutuhkan pemikiran para mahasiswa KKN 2018 UNIKAMA untuk mengembangkan potensi desa masing-masing.

“Harapannya mahasiswa bisa menghasilkan suatu bentuk laporan pengamatan di desa itu punya potensi unggulan apa yang bisa dikembangkan dan dieksplor. Sekarang desa ini harus ada BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) tapi banyak yang tidak tahu apa yang harus mereka kerjakan karena tidak tahu potensi daerahnya,” katanya.

Untuk itu selain membuat program yang kreatif, para mahasiswa UNIKAMA benar-benar harus memiliki kejelian dalam mengobservasi dan menilai potensi apa yang layak dijadikan sebagai BUMDES. (Pus)

Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close