Aspirasi Mahasiswa

Hal Unik Yang Biasa Terjadi Saat Ujian Tes Masuk Perguruan Tinggi

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) rencananya akan digelar secara serentak di seluruh Perguruan Tinggi Negri di Indonesia pada tanggal 16 Mei mendatang, Ribuan siswa yang baru lulus SMA kemarin pun rupanya harus segera mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi tersebut.

Ternyata memang ada beberapa hal unik yang selalu ada pada saat pelaksaan ujian tes masuk tersebut yang mungkin tidak ada di hari – hari biasa, seperti beberapa hal berikut ini :

Penjual alat tulis dadakan

Secara tiba-tiba, entah mereka tau darimana kalau dikampus – kampus negeri ada pelaksanaan tes masuk, para pedagang atau penjual alat tulis muncul secara serentak di sudut dan lorong – lorong kampus. Mereka berbaris rapi dan berjejer, seketika halaman kampus jadi seperti pasar, mereka menawarkan semua jenis alat tulis pada calon mahasiswa baru.

Orangtua Menunggu Anak Ujian

Tidak sedikit para peserta SBMPTN yang datang untuk mengikuti ujian tersebut didampingi oleh orangtua. Salah satu tujuannya yakni untuk memberikan dukungan moril. Jadi tidak heran, jika pada saat SBMPTN nanti banyak orangtua yang menunggu.

Kemacetan

Banyaknya peserta yang mengikuti ujian akan membuat sejumlah lokasi ujian SBMPTN penuh sesak dengan peserta. Jangan heran, jika lokasi tersebut akhirnya mengalami kemacetan.

Kantin Penuh

Kantin yang biasanya tidak terlalu ramai dan tidak juga terlalu sepi, mendadak seperti didalam area pasar, semua jenis mahasiswa ada disini, mulai dari calon mahasiswa baru, mahasiswa lama juga mahasiswa tua yang belum lulus – lulus.

Tidak Lulus SBMPTN, Ikut Tes Lagi di Tahapan Berikutnya

Ujian masuk perguruan tinggi negeri atau universitas negri memang dilaksanakan secara bertahap, seperti misalnya tahapan pertama disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kemudian SBMPTN, lalu juga ada tes mandiri yang diselenggarakan sesuai kebijakan kampus masing – masing di Indonesia. Nah, biasanya, banyak dari calon mahasiswa baru yang tidak lolos pada tahapan tes sebelumnya akan mencari keberuntungan pada tes berikutnya. So.. buat kamu – kamu calon mahasiswa, kalau tidak lulus pada saat tes SMBPTN jangan putus asa dulu ya, masih ada tes berikutnya kok.

Tidak Lulus Tes di PTN, Ikut Tes lagi di PTS

Nih buat kamu yang belum lulus pada tahapan Tes masuk di Perguruan Tinggi Negeri, kamu pasti bisa lulus di tes ujian masuk perguruan tinggi swasta kok. Jadi, jangan putus asa lagi ya, ingat istilah “Banyak Jalan Menuju Rhoma” 😀

(Hera/)

You might also like
Comments
Loading...