Kolom

KKN UMM, Mahasiswa Berhasil Dorong Produksi Sapi di Tajinan

Infokampus.news – Kelompok KKN PPM 04 yang ditempatkan di Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang dengan total 30 mahasiswa yang tergabung didalamnya, mereka berhasil dorong produksi sapi di Tajinan.

Dibawah koordinator Humam Abdul Rouf, serta dibimbing oleh Bustanul Arifin Spd Mpd dan Ir Tedjo Budiwijono MP, Program unggulan mereka adalah formulasi awetan hijauan kering (hay) dan basah (silase), serta konsentrat untuk memacu pertambahan berat badan sapi potong lokal, targetnya Kelompok Ternak Brahman Unggul Desa Gunungronggo.

Alasan memilih program ini karena Indonesia yang memiliki pangsa pasar sapi terbesar di Asia Tenggara dengan kebutuhan daging sapi sekitar 670 ribu ton pertahun, sementara produksi daging sapi lokal Indonesia sekitar 440 ribu ton per tahun. Artinya 230 ribu ton harus dipenuhi melalui impor.

Dilansir melalui Radar Malang, Humam Abdul Rouf menuturkan bahwa dalam waktu dua bulan, mahasiswa KKN PPM 04 mengadakan demonstransi dan pendampingan pembuatan pakan awetan basah (silase), pakan awetan ekring (hay) dan konsentrat di 5 RW desa Gunungronggo. Selain itu, peternak diajarkan cara mengukur berat badan sapi dengan menggunakan rumus yang sederhana.

Harapannya, program ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan warga Desa Gunungronggo, seperti peternak mengetahui cara mengukur berat badan sapi cara penjualan tidak lagi menggunakan harga taksiran bobot. Peternak berpeluang meningkatkan pendapatan keluarga dengan menjual sapi yang telah digemukkan secara efisien dengan harga yang layak jual.

Selain program yang telah dijelaskan diatas, KKN PPM 04 melalui divisi kesehatan telah melaksanakan program posyandu lansia, di divisi pendidikan dan keagamaan melaksanakan program bimbingan belajar gratis untuk siswa SD, mengajar di TPQ, serta membuat rumah baca Lentera untuk meningkatkan budaya literasi, dan dari divisi ekonomi kreatif melaksanakan program pembuatan desain logo kemasan beras hitam dan merah.

KKN ini dilakukan demi mewujudkan tri darma perguruan tinggi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Kemenristekdikti menggelar kuliah kerja nyata pembelajaran pengabdian masyarakat (PPM) pada 1 Maret hingga 9 Juni lalu. (Jul)

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close