Aspirasi Mahasiswa

Nasionalisme Untuk Kesejahteraan

Oleh : Ramadhan Igandi

Nasionalisme adalah salah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara. Di Indonesia sendiri Nasionalisme sering diartikan sebagai rasa cinta terhadap tanah air dengan segala hal yang terjadi didalamnya. Negara yang penuh dengan dinamika kehidupan dan penuh dengan perbendaan yang tidak saling berbenturan karena diajarkan dengan Sopan Santun, Beradab, dan Jiwa toleransi yang tinggi.

Kesejahteraan adalah kata yang mewakili keseluruhan aspek dari perasaan bahagia manusia, mulai dari kesehatan terjamin, ekonomi baik yang merata, sosial yang tentram serta damai, dan hati yang damai. Banyak teori-teori negara dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat suatu negara.

Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasaan mengatur wilayah administrative suatu daerah atau negara sesuai dengan peraturan yang diterapkan diwilayah atau negara tersebut. Dalam menjalankan pemerintahan, pemerintah dilandasi dengan Hukum Tata Usaha Negara agar tidak keluar dari kebutuhan atau menyalahi prilaku kehidupan yang disepekati negara tersebut.

Dalam berbangsa dan bernegara, Masyarakat diharapkan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi untuk bisa menjaga keutuhan suatu negara supaya tidak terpecah belah dan lebih sejahtera. Perlunya nasionalisme yang tinggi agar kita sebagai masyakat punya keyakinan yang tinggi bahwa kalau bukan kita siapa lagi. Terlepas, tidak menjabat dalam setruktural dalam pemerintahan atau tidak bekerja dalam lembaga pemerintahan. Akan tetapi peran masyarakat atau warga negara penting dalam hal menjaga keharmonisan sebagai warga negara.

Indonesia adalah negara yang terdiri dari 34 Provinsi dengan berbagai perbedaan didalamnya, baik dari aspek Bahasa, adat & budaya, seni, Agama, dan sifat. Akan menjadi Pekerjaan Rumah yang besar bagi pemerintah untuk menyatukan keseluruhan menjadi satu kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Pemerintah disini sebagai Organisasi yang diberikan keleluasaan dalam bertindak atau menetapkan kebijakan untuk menyelesaikan perseteruan. Bahkan mencari solusi melalui kebijakannya dalam menciptakan kesejahteraan yang adil dan merata.

Berbagai peristiwa dalam negara ini, mulai dari beberapa wilayah yang ingin memerdekakan diri, bahkan menginginkan konsep negara baru yang dianggap mampu merubah huru-hara di negara ini menjadi dalam dan bahagia. Hal itu bisa terjadi bukan mereka tidak nasionalisme atau tidak cinta NKRI, akan tetapi kurangnya keadilan dari berbagai Sektor yang melemahkan nasionalisme.

Harapan Besar Pemerintah tidak hanya memerangi atau melarang, akan tetapi berdiskusi mencari solusi. Bagaimanapun mereka adalah warga negara Indonesia dan mereka punya hak untuk menyampaikan pendapat walaupun bertentangan dengan Pancasila. Sebenarnya bukan Pancasilanya yang salah atau bukan Ideologi mereka yang salah. Akan tetapi, kita orang-orang yang berada dalam Negara Pancasila tidak terlalu memahami Pancasila dan menjalankan Kehidupan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga, Pancasila hanya  diakui Dasar Negara, tidak diikuti serta dipahami dan dijalankan sebagaimana mestinya.

Saya Pikir Mereka hanya butuh kesejahteraan, tanpa Korupsi, Keadilan yang merata. Yang sebenarnya kita semua menginginkan itu, bedanya adalah kita memperbaiki dengan cara yang selama ini ada. Sedangkan mereka punya acara sendiri, yang perlu kita satukan untuk meciptakan kedamaian dan kesejahteraan itu sendiri.

You might also like
Comments
Loading...