Kolom

Pendaftaran Pengumuman CPNS JATIM 2018/2019

SSCN.BKN.go.idPendaftaran Pengumuman CPNS Prov Jawa Timur 2018/2019 Kabar gembira untuk Anda warga Provinsi Jawa Timur yang bercita – cita ingin menjadi PNS. Di Tahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara resmi telah mengumumkan akan membuka sekitar 1.900 lowongan CPNS. Lowongan CPNS tersebut didominasi oleh tenaga guru untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK, tenaga IT, tenaga medis, dan tenaga akuntansi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi terbesar yang ada di Indonesia. Bila dibandingkan dengan beberapa provinsi lainnya, Provinsi Jawa Timur cenderung memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak. Oleh karenanya, ya wajar saja jika kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di provinsi ini juga banyak.

Nah, menurut informasi yang beredar, proses pendaftaran dan proses seleksi CPNS Prov Jawa Timur ini nantinya akan dilakukan secara serentak oleh Badan Kepegawaian Negara. Ya, tidak seperti tahun – tahun yang sebelumnya dimana proses pendaftaran CPNS Prov Jawa Timur dilakukan di halaman situs web milik instansi pemerintah Jawa Timur, tahun ini, proses pendaftaran CPNS Prov Jawa Timur akan dilakukan di halaman situs web milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu di sscn.bkn.go.id.Untuk tambahan informasi mengenai daerah yang membuka penerimaan CPNS tahun ini seperti berikut ini simak selengkapnya :

Provinsi Jawa Timur:

  • Kab. Bondowoso
  • Kab. Situbondo
  • Kab. Bangkalan
  • Kab. Sampang

Lantas, bagaimanakah tata cara pendaftaran CPNS Prov Jawa Timur pada tahun ini? Seperti apakah tes seleksinya akan dilangsungkan? Dan bagaimanakah cara mengecek hasil seleksinya? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Cara Mendaftar CPNS Prov Jawa Timur

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, proses pendaftaran pengumuman CPNS Prov Jawa Timur akan dilakukan melalui halaman situs web milik BKN. Oleh karenanya, proses pendaftaran CNPS Prov Jawa Timur cenderung tidak berbeda dengan proses pendaftaran CPNS untuk provinsi – provinsi yang lainnya. Jika dirincikan, cara mendaftar CPNS Prov Jawa Timur adalah sebagai berikut:

1. Buat Akun SSCN Dulu!

Langkah pendaftaran pengumuman CPNS Prov Jawa Timur yang pertama adalah membuat akun SSCN terlebih dahulu. Akun ini merupakan akun utama yang nantinya akan digunakan untuk proses pendaftaran dan proses seleksi CPNS Prov Jawa Timur.

Dalam prakteknya, untuk membuat akun SSCN ini, calon peserta seleksi pendaftaran CPNS Prov Jawa Timur harus menyediakan tiga informasi penting, yaitu alamat email milik pribadi yang masih aktif, data Nomor Induk Kependudukan yang sudah terdaftar di dinas DUKCAPIL, dan Nomor Induk Kependudukan Kepala Keluarga (NIK KK / Nomor Kartu Keluarga) yang sudah terdaftar di dinas DUKCAPIL. Jika data – data yang dibutuhkan sudah tersedia, untuk membuat akun SSCN, calon peserta seleksi pendaftaran CPNS Prov Jawa Timur dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id
  • Klik menu “daftar” atau “Sign up”
  • Jika halaman pendaftarannya telah terbuka, isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut
  • Klik daftar, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika data Anda valid, Anda dapat masuk ke halaman personal Anda untuk melanjutkan proses pendaftaran
  • Sebaliknya, jika data Anda tidak valid, Anda harus mengkonfirmasi ke kantor dinas DUKCAPIL terdekat untuk kemudian mendaftar kembali dengan cara yang sama seperti cara di atas

2. Lengkapi Data Pribadi Anda

Proses pendaftaran pengumuman CPNS Prov Jawa Timur yang selanjutnya adalah melengkapi data pribadi. Data pribadi ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan instansi terkait untuk menyeleksi Anda di tahap administrasi. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk mengisi data yang diminta di halaman personal Anda dengan sebenar – benarnya.

Secara keseluruhan, ada dua hal penting yang harus Anda lakukan di tahap ini, yaitu mengisi data dengan menggunakan form yang tersedia dan mengunggah dokumen – dokumen persyaratan yang diminta. Khusus untuk dokumen persyaratan yang diminta biasanya tidak akan jauh – jauh dari data KTP, data Kartu Keluarga (KK), data SKCK, data Ijazah, dll.

3. Daftar ke Instansi yang Anda Inginkan

Terakhir, jika seluruh data yang diminta sudah Anda penuhi, Anda dapat mendaftarkan diri Anda ke instansi pemerintahan yang Anda inginkan. Sama seperti halnya di tahapan yang sebelumnya, di tahap ini Anda juga akan diminta untuk mengisi form pendaftaran. Beberapa informasi yang akan diminta di tahap ini adalah: informasi terkait pendidikan, informasi terkait posisi jabatan yang Anda inginkan, informasi terkait tempat ujian, informasi terkait wilayah dimana Anda ingin ditempatkan, dan lain sebagainya.

Setelah mendaftar, data Anda nantinya akan diverifikasi oleh petugas instansi terkait. Jika kualifikasi Anda dianggap memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, maka data Anda akan diteruskan ke sistem CAT dan Anda akan diperkenankan untuk mencetak kartu ujian CAT. Sebaliknya, jika data Anda dianggap tidak layak, Anda diminta untuk mendaftar pada instansi lain / posisi jabatan lain.

Tes Seleksi dan Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Prov Jawa Timur

Tes seleksi CPNS Prov Jawa Timur akan dilakukan dengan menggunakan sistem CAT. Harapannya, dengan sistem ini, proses seleksi CPNS di Prov Jawa Timur akan bisa berjalan dengan lebih lancar, lebih cepat, dan lebih transparan.

Nah, karena proses seleksinya sudah dilakukan dengan menggunakan sistem CAT, maka proses pengumuman hasil seleksinya pun diprediksi akan dilakukan dengan lebih cepat. Jika merujuk pada pengalaman yang sudah – sudah, biasanya pengumuman hasil seleksi CPNS Prov Jawa Timur baru akan dilakukan beberapa hari setelah proses seleksi selesai dilaksanakan. Nah, dengan sistem CAT ini, kabarnya hasil seleksi bisa langsung diketahui begitu proses ujian seleksi selesai dilangsungkan.

 

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close
Close