Aspirasi Mahasiswa

Sebab Akibat Memperingati hari pahlawan

Sebab tanggal 10 Oktober ditetapkan sebagai hari Pahlawan berawal dari agitasi yang dilakukan oleh Mr Ploegman (pemimpin NICA ; Nederlandsch Indië Civil Administratie) dengan berniat mengibarkan bendera Belanda di pucuk gedung hotel Yamato untuk memancing Orang Indonesia melakukan perlawanan keras. merasa NKRI telah dihina karena waktu itu Indonesia sudah merdeka, sontak para masyarakat sekitar hotel melakukan perlawanan. walaupun pada akhirnya perjanjian damai dari Pihak Indonesia dan Pihak Belanda. walaupun pihak Belanda telah mengatakan damai, akan tetapi ada masalah baru yang timbul yaitu dilatar belakangan kabar meninggalnya Jendral Mallaby akibat dibunuh oleh milisi Indonesia. hal tersebut membuat Pemerintahan inggris tidak terima sehingga melakukan penyerangan ke Negera Indonesia, tepatnya di Surabaya. pertempuran sengit terjadi pada tanggal 10 Oktober 1945 yang menggugurkan 6000an masyarakat Indonesia baik sipil maupun militer. namun pada akhirnya para are-are suroboyo bisa mengunsir para penjajah dan merebut kembali kedaulatan Negara Republik Indonesia.

dari peristiwa 10 Oktober 1945 tersebut, Sumarsono, mantan pimpinan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indonesia (PRI) memberikan usulan kepada Presiden Soekarno agar setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai hari Pahlawan. melalui beberapa pertimbangan, akhirnya soekarno sebagai Presiden waktu itu menetapkan 10 oktober sebagai Peringatan Hari pahlawan. `Akibat atau harapan atau manfaat memperingati Hari Pahlawan. Sebatas Seremonial atau ada harapan khusus dalam Memperingati Hari Pahlawan. sepakat dengan kata AA Gym dalam penyampaian pendapatnya di ILC, beliau mengungkapkan bahwa “jangan mencari kesalahan-kesalahan dari sebuah peristiwa, akan tetapi kita sebagai Umat manusia harus bisa mencari Hikmahnya, manfaatnya untuk menjadi tolak ukur kedepan lebih baik”.

pada Peringatan hari Pahlawan tersebut, kita tidak hanya memperingati dengan cara yang bersifat Seremonial. akan tetapi perlu pemahaman lebih mendalam agar bisa mengambil hikmah dari kejadian Puluhan tahun yang lalu tersebut. bila kita flashback dari peristiwa 10 November tersebut akan banyak pelajaran bisa menampar kita untuk bangun dan bergerak sebagai Warga Negara Republik Indonesia. `pertama, kepekaan terhadap penindasan atau suatu tindakan merendahkan harkat martabat bangsa Indonesia yang dilakukan oleh orang asing dibumi ibu pertiwi ini. `kedua, semangat juang, harga mati untuk Kedaulatan negara diperlihatkan pada perlawanan senjata dan pertempuran sengit yang berakibat pada bergugurnya para pahlawan tanpa tanda jasa dimedan pertempuran (Kota Surabaya). `ketiga, Bahu membahu atau Gotong Royong dalam mengunsir penjajah yang ingin kembali merebut kekuasaan Negara Indonesia. serta masih banyak lagi manfaat yang bisa gali.

dari penjabaran tentang pelajaran yang didapat dalam perjuangan 10 oktober 1945 tersebut, ada harapan lebih kepada Penerus bangsa ini melalui Peringatan 10 Oktober yaitu : `membangkitkan jiwa Nasionalisme Pemuda Indonesia, yang diprediksi semangkin lama, semangkin luntur dan hilang. `memberikan pelajaran beharga bahwa Kedaulatan Negara berada Ditangan Rakyat, jangankan pemerintah sekala nasional. bahkan Penjajah yang berskala Internasionalpun bisa dilawan apabila melakukan perbuatan yang merusak Stabilitas berbangsa dan bernegara. `Tidak ada yang tidak mungkin untuk kemajuan Indonesia, apabila masyarakat bersatu padu. harapan besar pelajar yang dapat dipetik dari Peristiwa perjuangan berdarah 10 oktober 1945 menjadi motivasi dan tamparan keras untuk kita penerus pejuang bangsa. jangan sampai Peringatan tanggal 10 Oktober (sebagai hari Pahlawan) hanya bersifat Seremonial atau bentuk penghormatan semata. #Kho_young_Dhan Ngusu Bersama untuk Negara Indonesia jaya

You might also like
Comments
Loading...