Aspirasi Mahasiswa

Tidak Untuk Dilupakan

Oleh : Jafra – Sejarah bangsa adalah sejarah anak muda, maka ketika pemuda sudah mati rasa. hancurlah sejarah bangsa.

Begitulah apa yang dikatakan oleh Pramoedya Ananta toer. subuh menjelang pagi membuat otaku berpikir tentang pemuda dan mahasiswa yang seolah kekanan-kananan. aku melihat beberapa postingan di kalangan mahasiswa yang seolah membela dan mendukung rezim penindas rakyat dan anti demokrasi, beruntung sekali sebuah kekuasaan bila rakyatnya tidak bisa berpikir, itulah sepenggal singgungan bagi para mahasiswa yang memang dalam sejarah perubahan besar di negri ini selalu ada peran vital mahasiswa di dalamnya, seperti gerakan Boedi Oetomo 1908, sumpah pemuda 1928, proklamasi kemerdekaan 1945, gerakan 1966, 1972,1978,1988, sampai terjadinya reformasi 1998. Kita telah lebih jauh memahami bagai mana rezim hari ini menindas rakyat, menurut data BPS bahwa 60% rakyat Indonesia masih tergantung pada sektor agraria, dalam 14 paket kebijakan Jokowi-Jk salah satunya ialah mempermudah pembebasan lahan (tanah) rakyat untuk di jadikan proyek atau investasi.

Sebetulnya rakyat bukan anti pembangunan, namun rakyat menginginkan pembangunan yang berpihak kepada mereka, bila hutang luar negri Indonesia yang mencapai 4.274 triliun, yang katanya untuk pembangunan, maka hari ini kita bisa lihat bagai mana pembangunan itu, untuk siapa pembangunan yang sampai hutang luar negri kita mencapai 4.274 triliun itu. Terjadinya exploitasi terhadap manusia, hewan, dan sumber daya alam di permudah oleh struktur sosial didalam masyarakat yang memiliki hak otoritas atas semua itu, jelas, pemerintahlah yang melegalkan penindasan atau bisa kita kenal dengan istilah penindasan yang terlegitimasi. Rezim hari ini yang lebih pantas di sebut rezim dol (rezim boneka) atau kaum borjuasi komprador, yang mengenyampingkan kepentingan rakyat banyak. Disadari atau tidak bahwa sistem pemerintahan hari ini sudah memakai sistem oligarky yang memang setiap kebijakan nya tidak perpihak terhadap rakyat. Negara imprealis atau kaum monopoli kapitalis sudah untuk bagaimana mengendalikan atau menguasi rezim hari ini, asing aseng dan arabian yang ingin meng-exploitasi Indonesia dengan alibi yang berbeda beda-beda.
Seorang penulis di amerika mengatakan bahwa, “bila amerika ingin menguasai dunia atau menjadi negara super power, maka negara pertama yang harus di kuasai adalah Indonesia”. Bukan tidak mungkin indonesia yang sangat kaya, dan amerika yang sebenarnya negara miskin yang tidak memilik apapun, bukan tidak aneh mengapa Timur Tengah dikuasai Amerika hanya untuk menjaga minyak nya saja. karna ketika Amerika tidak memasok minyak dari timur maka sudah pasti Amerika akan mati.
Tujuan utama kolonialisme dari eropa datang ke Indonesia tujuannya hanyalah ingin mengeruk sumberdaya alam dan rempah-rempah yang tidak dimiliki negara lain, dan alasana mengapa Jhon F Kenedy di bunuh dan Bung Karno di lengserkan tahun1966 oleh Soeuharto, alasannya adalah hanya untuk bagaimana amerika bisa mengexploitasi indonesia melalui pintu Soeharto. Cumup rezim orde baru saja yang kejam dan mewarisi indonesia hari ini.
Bahkan bayi yang baru lahirpun sudah memiliki hutang 13 juta, Indonesia itu kaya, namu sayang pemerintah kita tidak bisa mengelola nya untuk kepentingan rakyat banyak. Kuba yang bisa mensejahterakan rakyat nya, namun Indonesia tidak mampi mensejahterakan rakyatnya sendiri. Chilie yang bisa menggeratiskan pendidikan tanpa syarat kepada rakyatnya dengan mengalokasikan seluruh pajak perusahaan asing yang ada di ngaranya untuk pendidikan, namun Indonesia yang sangat buanyak perusahaan asing dan pajak dari perusahaan asing entah kemana larinya.
Memikirkan negri ini sama halnya seperti memikirkan negri khayalan. Indonesia sperti layaknya negri dongeng yang kekayaan dan keindahan nya hanya bisa di ungkapkan lewat cerita dongeng.

You might also like
Comments
Loading...