Nasional

Sri Mulyani Jadi Orang Asia Pertama yang Raih Penghargaan Sebagai Menteri Terbaik Dunia. Keren Abis!

 

Sri Mulyani Menteri Terbaik

Siapa sih yang tidak kenal dengan Ibu Sri Mulyani ?! Tidak hanya di Indonesia, nama ibu yang satu ini juga cukup populer di kalangan internasional. Terlebih sejak dirinya menjadi wanita Indonesia yang punya jabatan tinggi di Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana dan menjabat selama 4 tahun, dari 2010-2014 lalu. Di di akhir masa jabatannya, Sri Mulyani juga terpilih sebagai 1 dari 100 besar wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Setelah berkiprah di Bank Dunia, ia kembali ke Indonesia dengan menjabat sebagai Menteri Keuangan hingga sekarang.

Kini nama Sri Mulyani kembali jadi perbincangan hangat setelah belum lama ini ia dinobatkan menjadi menteri terbaik di dunia dalam World Government Summit 2018. Wanita berusia 55 tahun itu merupakan orang pertama dari Asia yang meraih penghargaan tersebut. Sebagai warga negara Indonesia kita sudah sepatutnya bangga. Tapi jangan cuma sekadar bangga, penting juga lho untuk tahu sebenarnya apa indikator yang dipakai untuk mengukur prestasi itu sehingga ia dianugerahi gelar sebagai menteri terbaik dunia ya? Hipwee News & Feature telah merangkum informasinya untuk kamu nih. Yuk, simak bareng!

Indonesia patut bangga. Menteri Keuangannya, Sri Mulyani, baru saja menerima penghargaan sebagai “Best Minister in the World” dalam acara World Government Summit di Dubai, UAE

Penghargaan Menteri Terbaik dunia untuk Sri Mulyani via finansial.bisnis.com

 

World Government Summit (WGS) adalah sebuah forum dialog global yang mempertemukan seluruh pejabat publik dunia untuk bersama berdiskusi membentuk pemerintahan yang lebih baik. Acara ini diselenggarakan setiap tahun sejak 2016 lalu. Salah satu cabang acaranya adalah penobatan satu menteri yang dipilih dari seluruh negara dunia, sebagai “The Best Minister in the World“. Setelah tahun sebelumnya gelar tersebut diraih Menteri Kesehatan dan Aksi Sosial Republik Senegal, Her Excellency Awa Marie Coll-Seck, tahun ini giliran Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

Dilansir Kompas, penghargaan itu diberikan langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum saat acara WGS berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab. Prestasi itu membuat Sri Mulyani secara otomatis jadi orang pertama di kawasan Asia yang meraih gelar Menteri Terbaik versi WGS.

Sri Mulyani dinilai mampu menunjukkan keunggulannya di sektor publik dengan menerapkan inisiatif dan menginspirasi banyak jajaran pemerintahan di dunia

World Government Summit 2018 di Dubai via wam.ae

Tentu saja keputusan di atas tak serta merta dilakukan begitu saja. Ada proses pajang yang dilalui untuk menyeleksi dan menentukan siapa menteri yang pantas diberi predikat tersebut. Untuk WGS sendiri mempercayakan proses seleksi ini kepada lembaga independen Ernst & Young. Penghargaan itu merupakan sebuah pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

 

Dilansir dari website resminya, “Best Minister” Award ini fokus pada penilaian aspek inovasi, inisiatif, dan implementasi para menteri di jajaran pemerintah negara-negara dunia. Ketiga aspek itu harus bisa menjawab segala kebutuhan masyarakat dan menjadi inspirasi bagi pejabat publik lain di dunia.

Salah satu program yang diinisiasi Sri Mulyani adalah pengampunan pajak atau tax amnesty dan pembaharuan sistem IT pajak

Tax amnesty via www.rappler.com

Berbagai pembaharuan dalam bidang keuangan telah dilakukan Sri Mulyani sejak awal menjabat. Sebenarnya tahun 2005-2010, ia sudah pernah diangkat menjadi Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu di bawah pemerintahan SBY. Hanya setelah 1 tahun masa jabatannya, ia sudah dinobatkan sebagai Finance Minister of the Year 2016 oleh Euromoney. Yang terbaru ini, Sri Mulyani menginisiasi program pengampunan pajak (tax amnesty) yang dianggap mampu memperbaiki sistem perpajakan Indonesia yang realisasi pembayaran tebusannya jauh melebihi proyeksi BI.

Selain itu, ada juga ide membaharui sistem IT perpajakan. Dilansir Finance.detik, upgrade ini dilakukan untuk memenuhi berbagai fungsi kritis yang diperlukan dan belum ada di sistem sebelumnya, seperti pemeriksaan dan penagihan, atau fungsi sistem akuntansi terintegrasi. Adanya pengembangan sistem IT ini mampu meningkatkan jumlah pembayar pajak yang naik sampai 3x lipat.

Prestasi Sri Mulyani khususnya di bidang keuangan tersebut mampu menguatkan citra Indonesia di mata dunia

Citra Indonesia di mata dunia via www.kaskus.co.id

Selama ini Indonesia dianggap sebagai negara berkembang yang masih jauh dari kata maju. Apalagi kalau dibandingkan negara-negara digdaya macam AS, Korsel, Jepang, atau Singapura. Tapi prestasi-prestasi orang Indonesia nyatanya mampu menguatkan citra negara kita di mata dunia, salah satunya seperti yang diraih Menkeu Sri Mulyani ini.

Melihat begitu banyaknya prestasi baik dari dalam maupun luar negeri yang telah diperoleh Sri Mulyani, rasanya tak ada alasan untuk tidak bangga dengan pejabat publik satu ini. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita mampu terus mendukung kinerja pemerintah demi Indonesia yang lebih baik.

Copyright: hipwee.com

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close