News

Cara Pendaftaran Online UM-Surabaya.ac.id 2018/2019

Pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan manusia untuk berubah ke arah yang lebih baik dan bisa meningkatkan suatu kesejahteraan  dalam Pendidikan, karena mereka belajar untuk mencari ilmu dan pengalaman yang banyak untukmenjadikan pola pikir menjadi semakin berkembang dalam semua komponen. Belajar juga dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun, namun di era yang modern ini manusia juga membutuhkan sebuah pendidikan yang lebih agar dapat berpikir lebih maju.

Salah satunya pendidikan tinggi yang sering disebut dengan perguruan tinggi atau kuliah yang ada banyak sekali pilihan untuk kampus favorit. Perguruan tinggi dimana kita akan belajar dalam mengembangkan ilmu yang didapat, maka dari itu pilihan perguruan tinggi harus dipilih dengan sebaik mungkin. Bagi para siswa siswi yang akan mendaftarkan diri sebagai calon Mahasiswa/Mahasiswi pasti akan mencari perguruan tinggi yang favorit dan yang didambakan.

Namun, sebagai seorang mahasiswa baru tentu kita mencari jurusan atau program studi yang kita ingin kan dan memiliki akreditasi yang bagus. Tidak hanya perguruan tinggi negeri saja yang memiliki akreditasi baik dan bagus. Salah satu perguruan swasta favorit yang sudah banyak dikenal masyarakat adalah Universitas Muhammadiyah.

Universitas Muhammadiyah ini sudah berada banyak dibeberapa kota besar di Indonesia. Salah satu yang menjadi favorit adalah Universitas Muhammadiyah Surabaya. Sebelum mengetahui syarat dan cara Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya, mari kita mengenal sejarah perguruan tinggi ini.

Universitas Muhammadiyah Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh adanya amal usaha oleh Muhammadiyah. Perguruan tinggi ini sudahdidirikan sejak tanggal 5 Desember 1981. Sebelumnya UM Surabaya ini hanya terdiri dari beberapa lembaga pendidikan tinggi saja. Lembaga yang sudah ada sejak dahulu adalah Fakultas Ilmu Agama untuk Jurusan Da’wah, Fkultas Trbiyah Surabaya, IKIP Muhammadiyah Surabaya, Fakultas Syari’ah Surabaya, dan Institut Teknologi Muhammadiyah Surabaya.

Lalu semua lembaga tersebut digabungkan menjadi satu yaitu menjadi Univesitas Muhammadiyah Surabaya atau biasa disingkat menjadi UM Surabaya. Pada awal didirikan UM Surabaya ini hanya memiliki tiga fakultas saja yaitu Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi. Namun, untuk memenuhi adanya kebutuhan tenaga medis, lebih khususnya untuk program Ahli Madya (D-III) Kesehatan, maka di tahun 1992 pimpinan dari Muhammadiyah mengajukan surat yang bersikan permohonan ijin untuk mendirikan Program Pendidikan Ahli Madya Kesehatan.

Pada akhirnya di tahun 1993 berdirilah AKPER Muhammadiyah di UM Surabaya. Kemudian di tanggal 1  Januari 2000 juga sudah berdiri Fakultas Hukum. Selanjutnya di tahun 2001 berdiri Akademi Analis Kesehatan (AAK). Kemudian di tahun tahun selanjutnya berdiri fakultas baru lainnya serta program pascasajana di tahun 2004.

Program Studi Universitas Muhammadiyah Surabaya

Beberapa Fakultas dan program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Surabaya hingga sampai saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Agama Islam: Program studi Syari’ah, Tarbiyah, dan Studi Ushuluddin.
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Program Studi Pendidikan Matematika, Biologi, Bahasa & Sastra Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  3. Fakultas Ekonomi: Manajemen dan Akutansi
  4. Fakultas Teknik: Teknik Elektro Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Perkapalan, dan Teknik Komputer (D3).
  5. Fakultas Psikologi : Program Studi Psikologi
  6. Fakultas Kedokteran: Pendidikan Kedokteran, Ilmu Keperawatan, Farmasi dan Kebidanan

Dari beberapa Fakultas dan program studi di atas Anda bisa memilih prodi yang sesuai dengan pilihan hati. Sebagai calon mahasiswa yang baru tentunya Anda harus memikirkan pilihan program studi dengan matang untuk masa depan nanti. Di awal tahun 2018 ini, Universitas Muhammadiyah Surabaya juga sudah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Adapun berbagai persyaratan dan cara pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya yang benar untuk menjadi mahasiswa baru di UM Surabaya ini.

Syarat Bagi Calon Mahasiswa adalah sebagai berikut:

  • Lulusan SMA, SMK, MA, atau yang sederajat.
  • Lulusan D3, Akademi, Politeknik, atau yang sederajat untuk melanjutkan ke jenjang S1.
  • Mahasiswa pindahan dari Universitas lain atau lulusan D1/D2 yang ingin melanjutkan program S1 dan mengambil prodi lain.

Cara Pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yaitu sebagai berikut:

  1. Mengisi data diri di formulir pendaftaran melalui situs resmi http://p2mb.um-surabaya.ac.id/
  2. Mengisi Form untuk jadwal pembayaran angsuran kredit untuk biaya pendidikan
  3. Wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,-
  4. Bagi Lulusan SMA, SMK, MA, atau sederajat
  5. Wajib menyerahkan fotocopy ijazah atau STTB yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  6. Wajib menyerahkan fotocopy NEM atau SKHU yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  7. Menyerahkan Surat Keterangan Kerja dikhususkan untuk yang baru saja lulus sekolah.
  8. Bagi Lulusan S1/D3/D2/D1
  9. Wajib menyerahkan fotocopy untuk Ijazah dan juga transkrip nilai yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  10. Bagi Mahasiswa Pindahan Wajib menyerahkan fotocopy ijazah SLTA yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  11. Wajib menyerahkan transkrip nilai dari kampus sebelumnya yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  12. Wajib menyerahkan surat keterangan pindah dari kampus asli atau sebelumnya.
  13. Wajib melampirkan pas foto yang berukuran 2×3 sebanyak 5 lembar, 3×4 sebanyak 5 lembar, dan 4×6 sebanyak 2 lembar. Pas foto bisa diserahkan secara menyusul.
  14. Wajib membawa materai senilaiRp 6.000 sebanyak 1 buah saja.

Syarat pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya di atas tentunya harus menjadi batu loncatan pertama bagi para calon mahasiswa baru dari Universitas Muhammadiyah Surabaya. Diharapkan bagi para calon mahasiswa baru yang sudah mendaftarkan diri diharapkan mengikuti persyaratan dengan benar dan baik. Setelah melakukan persyaratan dengan baik, maka calon mahasiswa akan menghadapi ujian seleksi.Semoga seluruh calon mahasiswa baru nanti dapat mengikuti ujian seleksi dengan sebaik mungkin.

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close