News

Cara Pendaftaran Online UNISBA 2018/2019

Bandung Bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan tinggi di kampus islami, maka bisa mengikuti pendaftaran Universitas Islam Bandung, Bandung. Inilah salah satu universitas islam terbaik yang ada di Indonesia. Sebuah universitas islam yang sudah cukup lama berdiri yaitu sejak tahun 1958, tepatnya didirikan pada 15 November 1958. 

Jika saat ini namanya adalah Universitas Islam Bandung, maka itu bukanlah nama berdirinya. Ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi yang satu ini bernama Perguruan Tinggi Islam atau yang disingkat menjadi PIT. Saat itu, PIT berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam atau YPI. Kemudian perguruan tinggi islam ini mengalami perkembangan, salah satu sejarahnya adalah perubahan namanya menjadi Universitas Islam Kiansantang. Perubahan nama tersebut terjadi pada tahun 1967.

Barulah kemudian pada tahun 1969 nama Universitas Islam Bandung atau UNISBA disandangnya hingga sekarang. Jika saat ini Anda tengah duduk di bangku kelas 12 SMA/Sederjat dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi islam, maka ketahui lebih lanjut tentang pendaftaran Universitas Islam Bandung, Bandung. Siapa tahu, perguruan tinggi inilah yang akan menjadi jalan menuju masa depan Anda.

Atau barangkali ada saudara atau kerabat yang tengah bingung memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan, maka Anda bisa merekomendasikan UNISBA. Tentu sebelum menyarankannya, ketahui dulu jurusan apa saja yang ada di UNISBA. Begitu pula bagi Anda yang masih menimbang-nimbang akan mendaftar ke perguruan tinggi mana, mungkin dengan melihat berbagai jurusan yang tersedia di UNISBA, Anda semakin mantap untuk memilihnya.

Fakultas di UNISBA

Lalu, ada jurusan atau program studi apa saja di UNISBA yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan mengikuti pendaftaran Universitas Islam Bandung, Bandung? Ada sekitar 25 program studi yang ada di UNISBA. Keduapuluh lima program studi tersebut berada di bawah 11 fakultas. Berikut ini fakultas yang ada di UNISBA dan berbagai program studi yang ada dibawahnya:

1. Fakultas Syariah

  • Program Studi Peradilan Agama
  • Program Studi Keuangan dan Perbankan

2. Fakultas Dakwah

  • Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam

3. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

  • Program Studi Pendidikan Agama Islam
  • Program Studi PG Paud

4. Fakultas Hukum

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Ilmu Ekonomi
  • Program Studi Manajemen

6. Fakultas Ilmu Komunikasi

  • Program Studi Ilmu Komunikasi

7. Fakultas Psikologi

8. Fakultas MIPA

  • Program Studi Statistika
  • Program Studi Matematika
  • Program Studi Farmasi

9. Fakultas Teknik

  • Program Studi Teknik Pertambangan
  • Program Studi Teknik Industri
  • Program Studi Teknik Planologi

10. Fakultas Kedokteran

  • Program Studi Ilmu Kedokteran

11. Program Pascasarjana

  • Program Studi Magister Pendidikan Islam
  • Program Studi Magister Ilmu Hukum
  • Program Studi Magister Manajemen
  • Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Kurikulum
  • Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
  • Program Studi Magister Psikologi Profesi
  • Program Studi Magister Doktor Ilmu Hukum

Proses Pendaftaran Universitas Islam Bandung

Proses pendaftaran Universitas Islam Bandung dilaksanakan melalui situs resmi pmb.unisba.ac.id silahkan melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan pilihan kampus yang diminati selanjutnya ikuti tahapan proses pendaftaran sampai dengan selesai baru bisa melanjutkan proses berikutnya.

Setelah mantap ingin mengikuti pendaftaran Universitas Islam Bandung, Bandung di fakultas apa, maka kemudian siapkan persyaratan pendaftarannya. Apa saja yang menjadi syarat pendaftaran UNISBA? Pertama, Anda haruslah lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat. Kedua, merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI, kemudian jika merupakan Warga Negara Asing atau WNA maka harus  memiliki surat bukti C.

Ketiga, Anda memiliki kesehatan yang memadai yang didukung dengan surat pernyataan dari dokter. Keempat, khusus untuk Anda yang sudha bekerja, maka wajib untuk melampirkan surat ijin dari lembaga/instansi yang bersangkutan. Kelima, khusus untuk Anda yang mendaftar di Program Studi Farmasi, maka diharuskan merupakan lulusan dari SMA jurusan IPA atau SMK jurusan Farmasi. Keenam, khusus untuk Anda yang merupakan lulusan dari pondok pesantren hanya diperkenankan mendaftar di Fakultas Agama Islam, kemudian harus melampirkan Syahadah Pesantren yang telah disahkan oleh Kemenag RI.

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, maka selanjutnya pilihlah melalui jalur apa Anda akan melakukan pendaftaran Universitas Islam Bandung, Bandung. Secara umum, ada dua jalur pendaftaran di Universitas Islam Bandung yaitu jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik) dan jalur USM (Ujian Saringan Masuk). Namun, selain kedua jalur tersebut, ada pula jalur  pedaftaran bidikmisi serta jalur pendaftaran khusus untuk program pascasarjana.

Jalur PMDK merupakan sebuah jalur pendaftaran Universitas Islam bandung, Bandung yang seleksinya didasarkan pada prestasi calon mahasiswanya. Melalui jalur ini, hal yang dipertimbangkan adalah nilai raport. Khusus di UNISBA, tersedia pula beasiswa untuk calon mahasiswa yang hafidz al-quran dan mendaftar melalui jalur PMDK. Jalur pendaftaran kedua adalah jalur USM, melalui jalur ini Anda harus mengikuti ujian tertulis. Seleksi penerimaannya ditentukan berdasarkan hasil ujian tertulis tersebut.

Jalur pendaftaran Universitas Islam Bandung, Bandung lainnya yaitu melalui jalur bidikmisi merupakan jalur khusus untuk calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Untuk mendaftar melalui jalur ini, maka selain mengikuti pendaftaran UNISBA pada umumnya, calon mahasiswa juga harus mendaftar menjadi mahasiswa bidikmisi dengan mekaniskme khusus. Program bidikmisi merupakan program pemerintah di bawah naungan Kemenristekdikti.

Selengkapnya untuk mengetahui jadwal pendaftaran Universitas Islam Bandung, Bandung tahun akademik 2018/2019, maka silahkan ikuti terus informasi terbarunya di unisba.ac.id. Khusus untuk Anda yang berminat mendaftar di program pascasarjana UNISBA, maka website-nya yaitu ada di pasca.unisba.ac.id. Untuk Anda yang telah mantap mendaftar di UNISBA, maka jangan sampai ketinggalan jadwal pendaftarannya.

 

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close