Aspirasi Mahasiswa

Cetak sejarawan baru yang terdidik, HMJ SKI Gelar Pelatihan

Serang, Puluhan mahasiswa  Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hassanudin (UIN SMH) Banten mengikuti Pelatihan Penelitian Sejarah  Tingkat Menengah (PPSTM), diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) SKI di Aula Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUDA),Jum’at (28/04/2017).

Kegiatan yang melibatkan puluhan mahasiswa jurusan SKI tersebut mengangkat tema “Melatih Potensi Sejarawan Melalui Penelusuran Tokoh dan Peninngalan Bersejarah”. Melalui kegiatan ini ketua pelaksana berharap bisa memunculkan potensi dalam diri peserta dengan melakukan penelusuran mendalam di lokasi bersejarah.

“Agenda ini kita laksanakan, agar memunculkan potensi dalam diri tentang kesejarahan dengan melakukan penelusuran di tempat bersejarah di Bojonegara (Cilegon),” Ujar Widya Selvi Tiara dalam laporannya sebagai ketua pelaksana

Rencananya, agenda pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga hari dua malam (28 – 30/04) di Bojonegara Kabupaten Serang, tepatnya di beberapa titik peninggalan sejarah yang ada di Bojonegara seperti Sekolah Belanda, Gunung Santri dan Rumah yang ditempati oleh Sjadeli Hasan, Biografi Kyai H. Wasid, MakamKyai H. Yasin Beji dan Masjid Beji.

“Pemilihan Lokasi di Bojonegara dikarenakan terdapat enam situs bersejarah yang perlu ditelusuri, disana terdapat beberapa titik peninggalan sejarah seperti Sekolah Belanda, Gunung Santri dan lain – lain” Lanjutnya.

Di lokasi penelitian, peserta akan diarahkan untuk melakukan penelitian, baik observasi atau pengambilan data sejarah yang lain, hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan sejarah di lokasi tersebut.

“Peserta harus melakukan obserevasi di lapangan, guna menumbuh kembangkan pengetahuan tentang peninggalan bersejarah di lokasi tersebut agar mendapat hasil dalam bentuk laporan yang bisa dipertanggung jawabkan” ujar Ketua Jurusan SKI Ibu Eva Syarifah Wardah sekaligus membuka acara

Pembukaan Acara yang dihadiri oleh banyak tamu undangan, seperti HMJ Fakultas Ushuluddin, Dakwah, dan Adab (FUDA), Dewan Mahasiswa Fakultas, Senat Mahasiswa Fakultas, Dosen-dosen SKI, Alumni dan senior Ski dan lainnya. Kemudian ditutup dengan pelepasan peserta yang diberi gambaran mengenai penelusuran bersejarah

Kontributor Indokampus.com – Nuye Koma
You might also like
Comments
Loading...