Aspirasi Mahasiswa

Di Lebak, Jokowi di Demo Warga Korban Gusuran Lahan Pertanian PT. Wira Karya

Ratusan warga Desa Cilangkap Kecamatan Maja Kab. Lebak melakukan unjuk rasa terkait penggusuran lahan pertanian masyarakat yang diklaim milik perusahaan PT Wira Karya pada momentum kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Lebak pada Rabu (04/10). Unjuk rasa tersebut merupakan bentuk protes masyakat terhadap tindakan semena-mena yang dilakukan PT Wira Karya yang telah menggusur lahan produktif warga setempat.

“Kami masyarakat dibantu mahasiswa dan pengacara melakukan gugatan ke PN, menuntut keadilan dan kami juga menyampaikan keluh kesah kami kepada Presiden yang saat ini berkunjung ke Lebak dengan aksi jalanan,” kata Suganda, Koordinator Lapangan saat diwawancara.

Menurut Suganda, dia bersama seluruh masyarakat meminta presiden dan PN Rangkasbitung agar bersikap adil dan objektif dalam mempertimbangkan dan memutuskan masalah penyerobotan lahan warga ini.

“Permaslahan ini muncul awal tahun 2017, mereka dengan seenaknya menurunkan alat berat dan meratakan seluruh lahan yang sudah ditanam warga tanpa basa basi. Maka dari itu, kita gugat ke PN Rangkasbitung atas klaim lahan tersebut oleh PT Wira Karya,” ujarnya.

Iwan Pose salah satu massa aksi menambahkan, jika melihat dokumen dan sejarah lahan warga sebagai penggugat berhak atas lahan yang mereka garap sejak puluhan tahun silam. Pihaknya menilai tergugat sudah melakukan perbuatan melawan hukum.

“Untuk itu kami mengguat ke PN dan meminta kepada presiden agar memberikan solusi kepada kami, karena lahan yang digusur tersebut sumber kehidupan kami dan masa depan anak kami,” pungkasnya.

You might also like
Comments
Loading...