News

Ini Dia Jalur Masuk UI Tahun 2018! | Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Tahun 2018, Universitas Indonesia akan membuka beberapa jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Jalur tersebut dibuka untuk jenjang Vokasi, Sarjana, Magister, Doktor, Profesi, Kelas Internasional, dan Spesialis. Terkait jadwal, terdapat perbedaan waktu pelaksanaan bagi masing-masing jenjang.

Jalur masuk UI yang dibuka terdiri dari:

A. Jalur Undangan

Jalur Undangan yakni jalur masuk berdasarkan nilai raport. Seleksi melalui pengukuran nilai raport dengan memperhitungkan indeks prestasi sekolah. Meskipun sama-sama seleksi menggunakan nilai raport, nama jalur masuk setiap program pendidikan dibedakan menjadi:

1. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa yang dikoordinasi oleh panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN diperuntukkan program pendidikan S1 Reguler dengan kuota penerimaan di UI sebesar 30%.

2. PPKB, yakni jalur undangan untuk S1 Paralel dengan kuota penerimaan sebesar 50% dan jalur undangan untuk Vokasi (D3) dengan kuota penerimaan sebesar 70%. Penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh UI ditujukan kepada sekolah-sekolah terbaik di Indonesia, sehingga tidak semua sekolah dapat mengikuti program ini. Hanya sekolah yang mendapat undangan dari UI yang bisa mendaftarkan siswanya untuk mengikuti jalur masuk ini.

3. Talentscouting, yakni jalur undangan untuk S1 Kelas Internasional dengan kuota penerimaan sebesar 40%. Sama seperti PPKB, seleksi diselenggarakan oleh UI dengan hanya mengundang sekolah terbaik di Indonesia maupun di luar negeri.

B. Jalur Tulis

Jalur Tulis yakni jalur masuk berdasarkan nilai ujan tulis seleksi masuk. Seleksi melalui ujian tulis yang diselenggarakan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan, biasanya di kota-kota besar seluruh Indonesia.

1. SBMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer-Based Testing) yang dikoordinasikan oleh panitia pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. UI menerima S1 Reguler melalui SBMPTN dengan kuota penerimaan sebesar 70%.

2. SIMAK UI adalah Seleksi Masuk ujian tulis untuk program pendidikan S1 Paralel, Vokasi (D3) dan S1 Kelas Internasional. Masing-masing kuota penerimaan melalui SIMAK untuk S1 Paralel sebesar 50%, sedangkan Vokasi (D3) 30% dan S1 Kelas Internasional menampung sebesar 60%.

Sebagai informasi, jalur masuk tidak mempengaruhi biaya pendidikan, karena biaya pendidikan ditentukan berdasar program pendidikan yang diambil bukan berdasar jalur masuk. Khusus untuk mahasiswa S1 Reguler dengan jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN memiliki hak untuk mengajukan biaya pendidikan melalui skema BOP Berkeadilan yakni biaya pendidikan sesuai kemampuan penanggung biaya, serta memiliki kesempatan untuk memilih BOP Pilihan yakni biaya pendidikan ditentukan oleh penanggung biaya. Seleksi tidak dipengaruhi oleh biaya pendidikan, karena biaya pendidikan diproses setelah peserta dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UI.

Penasaran kapan jadwal pendaftaran masing-masing jalur? Simak gambar di bawah ini:

ini-dia-jalur-masuk-ui-tahun-2018

Informasi lengkap, dapat mengikuti akun twitter @SIMAK_UI atau di lamanĀ http://simak.ui.ac.id/.

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close