Aspirasi Mahasiswa

Interaksi Intelektual, HMJ FA : Merangsang Faham Filsafat Yunani Yang Mempengarui Pemikiran Islam

Indokampus – Serang, Himpunan Mahasiswa Jurusan Filsafat Agama (HMJ FA) Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten menyelenggarakan Interaksi Intelektual dalam menyikapi perdebatan helenisme dalam islam (Kamis, 18/05/2017).

Ketua pelaksana Oki Faturrohman mengatakan “Pemikiran islam dipengaruhi oleh pemikiran Yunani dan demi membangkitkan pemikiran tersebut bisa dilahirkan melalui interaksi intelektual”

Kegiatan yang dibuka tepat pukul 13:30 tersebut dihadiri oleh pulahan mahasiswa dari berbagai kampus dengan mengusung tema “Helenisme Dalam Perdebatan Islam: Klasik Hingga Kontemporer”.

“Helenisme adalah sebuah faham filsafat dari Yunani artinya ruh dan kebudayaan Yunani yang mempengaruhi banyak bangsa” ujar salah satu pemateri dari UIN SMH Banten Dr. Masykur Wahid

“Helenisme hanya berbicara dua hal etika dan agama, bagitupun Nabi. Inti dalam agama adalah etika karena itulah helenisme berpengaruh dalam islam” lanjutnya

Reaksi timbal balik terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta, seperti salah satu pertanyaan dari Mahasiswa Untirta Ghailand Adam

“Saya setuju terhadap konsep Plularitas terhadap sesama manusia, tapi Plularitas dalam agama tidak bisa diterima, tidak mungkin semua agama sama” ujarnya

“Plularitas agama bukanlah menyamaratakan semua agama tapi plularitas adalah titik temu nilai kemanusiaan” jawab salah satu pemateri Abdalah SY yang mengutip pernyataan dari Nurkholis Majid (Cak Nur)

Sementara itu besar harapan Fikri selaku Ketua HMJ FA bahwasanya sebagai  kaum intelektual dan jurusan yang berbasis keilmuan adalah sebuah keharusan menjadi pelopor dan menghidupakan kembali budaya litelatur dalam kampus.

Dalam kegiatan tersebut, Panitia Pelaksana HMJ FA menghadirakn dua sosok pemateri yang memumpuni faham Helenisme dalam perdebatan islam yaitu Dr. Masykur Wahid beliau adalah salah satu dosen filsafat di UIN SMH Banten dan Abdillah SY (Peneliti Muda PPM UIN Jakarta Mahasantri Anizoniyah).

(Nuye Koma)

You might also like
Comments
Loading...