Aspirasi Mahasiswa

Ithla Jurusan Bahasa Arab, Jalin Silaturahmi Jurusan Antar Kampus

Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab dari beberapa kampus di Indonesia menyelenggarakan kegiatan Ithla di Villa Kaong Cipocok Jaya Kota Serang pada hari sabtu, 13 Mei 2017. Kegiatan tersebut merupakan acara silaturahmi antar seluruh mahasiswa jurusan Bahasa arab di berbagai kampus di Indonesia.

Ithla yang mengusung tema “Bersama Silaturahmi, Kita Tingkatkan Harmonisasi Dalam Kebersamaan Yang Sinergis” Tahun ini di ikuti oleh dua perwakilan wilayah, yaitu Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Seperti biasanya, Ithla adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh jurusan Bahasa arab di berbagai kampus baik dalam maupun luar negeri.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Cirebon, IThla kali ini dilaksanakan di Kota Serang dan melibatkan puluhan mahasiswa dari berbagai kampus diantaranya mahasiwa jurusan BSA dan PBA UIN Sunan Gunung Jati Bandung, BSA dan PBA Tarjamah serta dirasah islamiyah Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, STAI Daarul Muttaqin Purwakarta, IAIC Tasik Malaya, IAIN Syekh Nur Djati Cirebon, serta tuan rumah sendiri yakni dari Jurusan PBA dan BSA Uin Sultan Maulanan Hasanuddin Banten.

Kegiatan yang diketuai oleh M. Ridwan jurusan PBA smstr 4 Uin SMH Banten tesebut juga dihadiri oleh ketua DPW 2 PBA Uin Banten, Iqbal Maulana serta ketua DPP yang diwakili oleh Maulana Irfan Nur Lail dari  Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara yang berlangsun selama dua hari satu malam terebut diisi dengan kegiatan – kegiatan positif dan edukatif, mulai dari silaturahmi, sharing tentang kurikulum antar kampus serta ta’aruf antar masing-masing anggota di lanjutkan dengan sosialisasi pengenalan ithla serta hiburan yang oleh tuan rumah kemudian di lanjutkan dengan berziarah bersama ke Banten Lama.

“Manfaat ithla akan terasa saat kita keluar dari instansi, karena dengan adanya ithla kita bisa memperluas jaringan serta silaturahmi antar jurusan bahasa arab, karna disini merupakan mayoritas yg memiliki jurusan bahasa arab dengan tujuan untuk mempererat hubungan mahasiswa bahasa arab se Indonesia, saling sharing kurikulum bahasa arab antar kampus, ajang untuk menambah relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, juga berbagi informasi tentang beasiswa” Ungkap Iqbal Maulana di sela – sela sambutanya.

Berdasarkan hasil musyawarah, umumnya kegiatan Ithla  adalah kemah bahasa arab dan study tour, namun kali ini Ithla mempunyai program baru yang akan dilaksanakan di Malaysia bagi mahasiswa yang mau belajar berkaitan dengan keterampilan bahasa seperti debat Bahasa arab, pidato, menulis essay dalam Bahasa arab dll.

(Eka/Syifa/Lida)

You might also like
Comments
Loading...