Aspirasi Mahasiswa

Kidung Sholawat GESBICA UIN Banten, Pergelaran Musik Sholawat Dua Bahasa.

Pada tanggal 3 mei mendatang UIN SMH Banten akan dimeriahkan dengan tampilan seni  anak bangsa  yang akan di selenggarakan oleh Gesbica. Gesbica adalah  salah satu unit kegiatan mahasiswa dalam bidang seni di UIN SMH Banten .Pentas seni kali ini berupa tampilan seni music yang mana merupakan salah satu  kegiatan tahunan  Gesbica. Dari tahun ke tahun tema yang diangkat berbeda-beda. Tahun ini Gesbica mengusung tema solawat. Mengapa solawat???

Menurut Ikhfal Wahyudin (Ketua umum UKM Gesbica) pada acara ini, pengangkatan tema solawat ini bertujuan untuk mengingatkan kita kembali  akan kenangan masa lalu dari solawat-solawat yang pernah kita senandungkan khususnya untuk  para mahasiswa UIN SMH Banten , mengajak pada halayak untuk bersolawat, juga meningkatkan kecintaan kita kepada nabi Muhammad saw. Karena sesuai dengan seruan Allah untuk bersolawat kepada kita, Allah dan malaikat pun bersolawat pada Nabi (QS. Al-Ahzab ; 56). Selain itu pengangkatan tema kali ini untuk merubah  kesan buruk dari gesbica sendiri yang sering  dipandang urakan,  dengan pentas ini gesbica bisa membuktikan sisi positif lain dari para anggotanya sendiri, sehingga orang lain tidak menilai sebelum mengenal telebih dahulu.

Tidak hanya solawat berbahasa Arab, solawat berbahasa daerah pun ditampilkan. Adanya pencampuran dari dua sisi yang berbeda ini bisa mengangkat nuansa islami dengan tidak melupakan nilai-nilai seni di dalamnya. Selain bersolawat, tampilan lain yang disuguhkan adalah tarian. Salah satu tarian yang akan mencolok di pentas ini yaitu tarian penari latar pada solawat pembuka tentang menuntut ilmu. Koreografi yang digarap oleh Kak Sali ini menggambarkan tentang perjuangan mencari ilmu. Dari serangkaian acara yang dipersembahkan oleh gesbica pastinya  tidak lepas dari apa yang bisa diambil dari acara tersebut.

Persiapan yang dinilai telah mencapai 70 persen ini telah dilakukan dari jauh-jauh hari. Para anggota sudah berlatih mulai dari awal februari lalu. Jauh sebelum pementasan, latihan dilakukan rutin setiap malam hari sampai  jam 22.00 WIB. Sedangkan mendekati hari pementasan, latihan dilakukan lebih ekstra kira-kira sampai dini hari. Bahkan gesbica mengadakan karantina sesuai dengan tampilannya masing-masing guna mematangkan penampilan dari para anggota.

Yuk, mikirin apalagi, ayo datang kekampus 1 UIN Banten tanggal 3 Mei besok. Ajak semua kawan kerabat dan koleganya .. Gratis !!
 Kontributor Indokampuscom – Syifa Zuraida, Lida
You might also like
Comments
Loading...