News

Lukisan-lukisan Bergumam

BANDUNG, KabarKampus – Bila kaliargrafi  memberi bentuk spesifik pada tanda dan huruf secara ekspresif, namun tidak pada lukisan yang satu ini. Kalimat-kalimat yang dibuat terlepas dari narasi, garis-garisnya pun terlepas dari hurup.

Begitulah karya Hedi Soetardja bertajuk “Gumam” yang dipamerkan di Galeri Soemardja, Bandung. Dari tanggal 23 Maret hingga 15 April 2018. Pelukis yang memiliki basic naturalis ini bergumam lewat karya-karyanya tersebut.

Ada sebanyak 16 lukisan yang dipamerkan. Lukisan-lukisan yang dibuat terdiri dari sejumlah kata-kata yang dibuat berada di luar keindahan yang khas seperti kaligrafi. Meski demikian, lukisan-lukisan Hedi memancarkan tanda-tanda visual atau rupa yang bermakna.

Dalam praktik menulis yang dilakukan Hedi, diikuti juga dengan praktik menghapus tulisan secara serta-merta berulang-ulang. Sehingga bila praktik menulis disetarakan dengan berbicara, karya Hedi seolah sedang bergumam.

Meski gumaman Hedi mengandung tanda dan makna, gumaman tersebut tak jelas dan tak terdefinisi. Sehingga lukisan yang penuh mood, greget dan emosi ini bebas untuk dimaknai apa saja.[] Teks & Foto : Fauzan Sazli

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close