Aspirasi Mahasiswa

Mahasiswa? Ini Cara Jalani Puasa Agar Tetap Fit Dari Ahli Gizi UGM

Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, seorang Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan cara untuk tetap bugar di bulan puasa, adalah menjaga asupan makanan sahat buka dan sahur. Misalnya, tidak ‘balas dendam’ ketika buka puasa.

“Utamakan untuk minum minuman hangat dan makan makanan ringan yang mengandung cukup air untuk memenuhi kebutuhan cairan yang telah habis saat berpuasa,” kata Mirza seperti dilansir dari laman UGM, Kamis (1/6/2017).

Selain itu, kata Mirza, batasi makan makanan berlemak, berminyak dan bersantan. Lebih baik, pilihlah makanan kaya serat seperti buah-buahan.

“Sebaiknya juga menghindari makan berat karena bisa menimbulkan gangguan lambung. Jika ingin makan berat bisa dilakukan setelah salat tarawih dengan porsi tidak berlebihan,” papar dosen Prodi Gizi kesehatan tersebut.

Sedangkan untuk asupan makanan di waktu sahur, Mirza mengatakan hal serupa. “Namun, saat sahur asupan kalori perlu ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Contohnya, nasi, mie, spagheti, dan oat,” imbuhnya.

Tidak hanya menjaga asupan makanan, ia juga menyarankan agar menjaga pola hidrasi ketika sahur. “Polanya bisa dilakukan dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari,” tandasnya.

You might also like
Comments
Loading...