Mahasiswa & Kampus

Ambil Positif, KKN UNIKAMA Beri Penyuluhan Generasi Tanggap Mulyoasri

 

Infokampus.news – Makin sedikitnya generasi muda yang peduli terhadap lingkungan terutama kesadaran akan pertolongan tanggap bencana dan bahaya narkoba, menjadi perhatian khusus bagi peserta Kuliah Kerja Nyata Universitas Kanjuruhan Malang (KKN UNIKAMA). Apalagi di lingkungan sekolah masih sangat kesulitan bahkan belum adanya organisasi maupun wawasan mengenai hal tersebut.hal ini membuat KKN UNIKAMA beri penyuluhan generasi tanggap Mulyoasri.

Purwadi, SH., kepala Sekolah SMP Kusuma Bangsa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading menyatakan sangat setuju dengan kegiatan yang diadakan oleh peserta KKN Universitas Kanjuruhan Malang. Selain membantu membuka cakrawala berpikir siswa mengenai tanggap bencana dan bahaya narkoba.

“Pelaksanaan penyuluhan tanggap bencana dan bahaya narkoba ini sangat membantu dalam upaya menghindarkan para siswa dari penyalahgunaan narkoba juga kepedulian akan taggap bencana, jadi ya sangat saya sambut dengan senang hati. Monggo dan terimakasih” tutur beliau pada sambutan yang disampaikan pada pembukaan penyuluhan (3/8).

Materi mengenai Bahaya Penyalahgunaan Narkoba menjadi materi pembuka yang disampaikan oleh staf Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kabupaten (P2M BNNK) Malang, Indra Sutrisno, ST. Penyampaian materi hanya dasar namun cukup menjawab kebutuhan masyarakat atau remaja untuk tingkat desa seperti Mulyoasri.

Seperti pengenalan narkoba, penyalahgunaan, ciri-ciri pengguna, hingga cara penanganannya. “Momen seperti inilah yang saya tunggu-tunggu, dimana pemuda intelektual tidak lupa dengan fungsinya yang salah satunya adalah menjembatani wawasan masyarakat, member kesempatan bertukar pikiran dan mewujudkan upaya pemberantasan narkoba karena disitulah pengabdian berperan, melayani bangsa juga dengan cara seperti ini. Selamat berjuang!”,komentar Pak Indra seusai penyampaian materi.

Bukan selesai disitu, pemaparan materi dilanjutkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI)dengan materi Siap Siaga Bencana. Satuan Siaga Bencana (SATGANA) PMI Kabupaten Malang, ChilmiAdi Salam, menyatakan bangga dipercayakan untuk memberikan materi dan sharing bersama generasi muda seperti siswa SMP. (Jul)  “Senangsekalibisaberbagipengetahuandenganadik-adik.Semogasedikitwawasandari kami bisabermanfaat, apalagiadik-adiktinggal di kaki Semeru.Setidaknyaadik-adiksudahpahamapa yang harusdilakukanketikasigunungmulaimengajakberkomunikasi”, tutur Mas Chilmisembaribercanda. Dan disambungolehrekannya, YanuariYuliantoyang membagikantips kesiapsiagaankepadaadik-adikmelaluiyel-yelKalau Ada Gempa yang sekaligusmenutupmaterikebencaan.

Rangkaian kegiatan 2 hari ini adalah OutBound di harikedua (4/8) yang bertujuan melatih komunikasi, kekompakan, disiplin,kerjasama, tanggung jawab dan kemampuan analisis serta menyelesaikan masalah. Ekspresi semangat peserta tertuang sejak awal game dilangsungkan. Kekompakan setiap tim terasah melalui game demi game hingga didapatkan 1 tim terkompak yaitu tim 3.

“Seru main game Kak, kami senang ada kegiatan seperti ini. Sering-sering kalau bisa Kak hehehe”, kata salah satu siswa peserta Out Bound. Suasana Out Bound memang terasa sangat hidup karena beberapa Kakak peserta KKN juga turut bergabung menjadi peserta Out Bound.(JUL)

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close