Aspirasi Mahasiswa

Evolusi Teknologi

Era modern masa kini teknologi begitu penting dan bahkan menjadi kebutuhan setiap individu. tidak saja hanya pengusaha yang menikmatinya, anak dibawah umur, orang lanjut usia dan ibu-ibu rumah tanggapun kini menikmatinya. Dengan kadaan yang lebih instan ini sanagt besar dampak negatifnya bagi kehidupan sosial bermasyarakat berbangsa dan bernegara. papasan muka dan saling sapa dijalan dan di pasarpun kini jarang terlihat karena mudahnya memperoleh barang hanya dengan satu kali klik pesanan pun sampai di pintu rumah. Tidak hanya itu ternyata ini juga menimbulkan dampak malas untuk beranjak dari rumahnya untuk keluar sejenak saja.

Namun pembahasan kali ini bukan untuk menyindir persoalan dampak buruk teknologi, akan tetapi bagaimana teknologi begitu pesatnya berkembang diberbagai titik.

Sebelum teknologi masa kini ada di hadapan mata pada masa dahulu terlebih sebelum 14 abad yang lalu kita tidak pernah tahu bagaimana bumi nusantara ini berkembang dengan berbagai penemuan sejarah seperti candi, tugu, gapura, bangunan klasik dan lain sebagainya. ini menjadi bukti tersendiri bahwa bumi yang sekarang di sebut sebagai indonesia ini mempunyai banyak keunikan tersendiri dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

terlebih pada zaman dahulu indonesia terkenal dengan kemistiknnya apalagi di kepulauan jawa. sebelum teknologi handphon itu dikenalkannya, para pendahulu kita sudah mampu berkomunikasi jarak jauh entah memalui sensorik atau indra ke enamnya, sebelum dikenalkannya pesawat yang bisa menempuh jarak jauh dengan waktu sebentar para pesakti-pesakti kita sudah mampu menempuh itu semua tanpa peralatan apapun, sebelum dikenalkannya kapal laut yang bisa berjaln diatas laut para nenek moyang kita sudah mampu melakukan itu dengan asyik nya berjalan-jalan di atas air dengan tanpa takut mengelam kedasar lautan dengan tidak menggunakan sesuatu alat apapun. namun memang bedanya jika dahulu untuk memperoleh itu semua dengan ritual-ritual tertentu seperti bertapa, semedi, meditasi, dan berpuasa berpuluh-puluh hari, jika sekarang cukup menggunakan materinya saja sudah bisa memperoleh teknologi yang telah berevolusi seperti sekarang ini.

Jika memang demikian adanya, terbukti bahwa sesungguhnya zaman dahulu dibelahan manapun lebih canggih teknologinya dari masa sekarang walaupun memang teritung masih klasik namun unik dan ke kokohannya bisa diperhitungkan.

Perlu kita sadari sekarang bahwa memang teknologi saat ini bukanlah satu-satunya penemuan baru yang bisa dibanggakan. hanya sebatas berevolusi dari bentuk klasik ke bentuk yang modern, dari tak kasat mata menjadi terlihat dan mudah dibawa-bawa dan masih banyak lagi evolusi-evolusi teknologi lainnya. Maka terkadang kita pun tidak asing dengan pernyataan orang “jangan mencari-cari sesuatu yang belum ada, kembangkan saja yang ada”.

Comments
Loading...