Mahasiswa & Kampus

Mahasiswa ITN Ini Buat Alat Ayunan Bayi Ternyata Untuk Ini!

Robi Maeza, adalah salah satu mahasiswa ITN yang akan segera diwisuda Sabtu esok (10/3). Dengan ipk yang cukup tinggi yakni 3,64 dan segudang prestasi yang ia raih menghantarkan dia sebagai salah satu mahasiswa lulusan terbaik ITN pada wisuda ke-59 nanti.

Selain itu tak kalah uniknya ia membuat sebuah karya unik untuk tugas akhirnya yakni ‘Sistem Kendali Ayunan Bayi Otomatis berbasis Fuzzy Logic’.

“Ini bisa memudahkan ibu-ibu yang tidak sempat menggendong bayi karena sibuknya aktivitas ataupun kegiatan rumah lainnya.” Ungkap sulung dari 3 bersaudara ini.

Mahasiswa ITN Mudahkan Para orang Tua dan Calon Orang Tua

Mahasiswa yang berasal dari Pasuruan ini meneruskan alat yang ia buat bersama rekan-rekannya saat mengikuti PKM. “Waktu itu dengan alat ini sampai lolos monev, lalu saya teruskan untuk skripsi.” Papar pria kelahiran Pasuruan 25 Februari 1994 ini.

Jadi alat miliknya ini mampu mendeteksi jika ada suara bayi menangis atau bergerak di dalam ayunan ini, sehingga otomatis ayunan ini akan mengayunkan bayi layaknya digendong oleh ornag tua mereka. Dengan kapasitas maksimal 7 kg dan membutuhkan daya 6 volt, ia yakin alat ini akan bisa membantu para orang tua.

“Biayanya total 2 juta rupiah untuk membuat ini, tapi alat ini belum kami ujicoba apalagi dipasarkan.” Ungkapnya.

Masih banyak hal yang ingin ia kembangkan lagi dengan alat ini sebelum masuk ke pasaran. Yakni mensinkronkan alat dengan seluler orang tua agar orang tua memiliki notifikasi jika si anak sedang menangis atau bergerak. Karena jika terlalu lama menangis atau bergerak, tidak menutup kemungkinan si anak tengah membutuhkan bantuan orang tua karena tidak nyaman ataupun dalam kondisi berbahaya. (Pus)

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close