Mahasiswa & KampusSeputar Kampus

Sambut Ramadan, FISIP UB Gelar Seminar Nuansa Islam dan Kebangsaan

 

Infokampus.news, Malang – Islamic Science Social Community (ISSC) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) mengadakan seminar nasional bertema Islam  dan  Kebangsaan “menelusuri jejak-jejak ulama di Nusantara” pada Senin (21/5). Kegiatan tersebut merupakan puncak acara rangkaian Gebyar Ramadhan yang di adakan FISIP UB.

“Pelaksanaan seminar ini bertujuan untuk menulusuri ulama-ulama  islam di nusantara, menjelaskan bahwa islam bukan anti kebangsaan malah memunculkan kebangsaan dan berusaha meluruskan isu negatif yang ada di masyarakat terkait insiden bom kemarin yang mencoreng nama baik muslim bahwa sejatinya banyak orang islam yang nasionalis berbhineka dan berkebangsaaan,” tutur Ainun Fitriah, Selaku Ketua Keputrian.

Andre dwi Prasaja selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa Target peserta dari seminar sebenarnya mencakup seluruh mahasiswa yang berkuliah di Kota Malang dengan maksud menjelaskan  ke semua kalangan bahwa islam ini mempunyai tokoh-tokoh yang berjuang dalam kebangsaan di Nusantara.

Seminar yang dilaksanakan di Gedung Nuswantara lantai 7 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya UB ini menghadirkan tiga pemateri yaitu Verdy Fimantoro, S.ikom (pengkaji komunikasi politik pangeran diponegoro), yang kedua Allan Dwi Pranata (pengkaji jaringan komunikasi Mohammad  Natsir), dan yang terakhir Maulidina Wirdani (pengkaji jurnalisme islam Buya Hamka)  selaku  mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP UB.

alasan mengangkat tema ini, karena banyak yang belum  tahu  peran ulama islam dimasa penjajahan sebelum Indonesia merdeka dan  latar belakang ketiga tokoh di Nusantara, pada kesempatan kali ini kita mencoba mengangkat 3 tokoh yaitu Buya Hamka, M.Natsir, dan Pangeran Diponegoro.

“Pangeran Diponegoro dalam  memperjuangkan Indonesia mengangkat nilai-nilai islam juga, seperti penggunan aksara jawa pegon, aksara jawa pegon  ini arabnya bahasa jawa, jadi salah satu cara untuk menyebarkan islam di tanah  jawa dengan menggunakan metode tersebut” menurut Sekjend ISSC Rokhmatul Putra Awaliya yang berhasil tim infokampus temui di FISIP UB.

Selain seminar diadakan pula bazar buku  untuk menambah pengetahuan dan literasi bagi mahasiswa FISIP yang ingin mempelajari seluk beluk islam melalui ketiga tokoh tersebut. Seminar tersebut berlanjut dengan pembacaan khotmil qur’an dengan target khatam 30 juz selanjutnya diadakan buka puasa dan sholat tarawih yang diadakan di masjid Ibnu Khaldun FISIP UB. (jul)

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close