Aspirasi Mahasiswa

Rokok Penyakit Mencolok?

Rokok sejenis tembakau yang disukai oleh mayoritas pria bahkan wanita pun ada sebagian yang menyukai benda ini. Rokok mungkin dapat menyababkan si pemakainya itu kecanduan, ada kalimat yang biasa dikatakan oleh kalangan perokok ini beberapa kalimat yang biasa dikatakan oleh perokok aktif :

  • Kalo abis makan ga ngeroko mulut serasa kecut.
  • Kalo cuma ada kopi tapi gada rokok kaya nasi tanpa lauk.
  • Rokok dapat menjadi teman obrolan santai dimalam.
  • Ngobrol ga ada rokok mah ngebusa.

Itu beberapa kata-kata humor nya para perokok, jangan dibikin serius yak 😀

Rokokpun memiliki sisi negatif atau penyakit yang MENCOLOK dan menyerang kapan saja entah itu dikalangan muda, dewasa, bahkan bapak-bapak juga dapat terkena penyakit ini. Nah disini ada beberapa penyakit yang berbahaya berasal dari rokok :

1. Penyakit jantung

bahaya merokok buat jantung

Rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyakit jantung.

Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi.

Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, semakin besar kesempatannya mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.

2. Penyakit paru
Risiko terkena pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis meningkat karena merokok. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Orang-orang berumur 40 tahun bisa mendapatkan emfisema atau bronkitis, tapi gejala biasanya akan*jauh lebih buruk di kemudian hari, menurut American Cancer Society.

3. Kanker paru dan kanker lainnya
Kanker paru2 sudah lama dikaitkan dg bahaya rokok, yang juga dapat menyebabkan terhadap kanker lain seperti dari mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan dan kerongkongan. Merokok juga dikaitkan dengan kanker ginjal, kandung kemih, perut pankreas, leher rahim dan kanker darah (leukemia).

4. Diabetes
Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut Cleveland Clinic. Rokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dan masalah kaki.

5. Impotensi
Rokok merupakan faktor resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh darah ke p3nis kemungkinan juga akan terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yg kecil & dapat mengakibatkan disfungsi ereksi/impoten.

6. Menimbulkan Kebutaan
Seorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami orang tua. Dalam setudi yg diterbitkan dalam ‘Archives of Ophthalmology’ pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yg merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.

7. Penyakit mulut

Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.

8. Gangguan Janin

Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.

Jadi kalian sudah tahu kan bahaya merokok itu seperti apa?, walaupun penulis pun merokok tetapi saya berusaha tidak memperbanyak merokok sehari nya.

Akan ada artikel lanjutannya tentang Tips berenti merokok, terus ikutin artikel selanjutnya.

You might also like
Comments
Loading...