Seputar Kampus

Perkuat Tata Kelola, E-Journal UWG Malang Menuju DOAJ

Itu harapan Dr. Istiadi, ST, MT, penanggung jawab IT Universitas Widyagama Malang (UWG Malang) yang telah memfasilitasi tersedianya platform E-JOURNAL UWG, saat dipertemukan dengan seluruh pengelola jurnal di Kampus Inovasi ini, Kamis (8/3), di Ruang Sidang Rektorat.

Rektor UWG, Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS yang secara langsung memandu pertemuan itu menyampaikan bahwa tata kelola Jurnal UWG akan dikoordinasikan dan didukung secara kelembagaan oleh Badan Penerbitan Universitas Widyagama Malang (BP-UWG) baik secara administratif maupun dukungan teknis. Upaya tersebut diantaranya dukungan untuk membantu pemrosesan e-issn hingga menuju proses pengindeksan DOAJ. Selanjutnya masing-masing pengelola jurnal diminta untuk menyempurnakan informasi-informasi profil jurnal yang telah tersedia secara online serta menjalankan proses pengelolaan artikel sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Disamping dukungan secara kelembagaan, para pengelola jurnal juga diminta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dengan cara berbagi informasi dan pengalaman melalui forum pengelola jurnal UWG. Forum ini diharapkan dapat menularkan best-practices para pengelola jurnal dan inisiasi secara bottom-up kegiatan-kegiatan dalam upaya peningkatan kualitas jurnal.

Sebagaimana diketahui, UWG memiliki sembilan jurnal ilmiah yaitu Mabis, JMA, JIM, Widya Yuridika, Widya Teknika, Proton, Agrika, Jointecs, dan JSD. Jumlah ini diharapkan bertambah dengan masing-masing prodi memiliki satu jurnal ilmiah.

Sementara itu dalam sharingnya, Syahroni Wahyu Iriananda, SKom, pengelola jurnal Prodi Teknik Informatika, Jointecs, menyampaikan bahwa sampai dengan terbitan edisi Januari 2018 ini pihaknya kewalahan menerima naskah yang akan diterbitkan, bahkan untuk edisi kali ini semua naskah berasal dari penulis-penulis eksternal. Banyaknya naskah yang diterima ini adalah dampak positif dari kerjasama yang dijalin oleh Prodi Teknik Informatika UWG dengan perguruan tinggi lain. “Salah satu yang kami lakukan adalah turut aktif dalam forum komunikasi Prodi Informatika maupun Forum Relawan Jurnal Indonesia. Media ini sangat membantu kami mendapatkan berbagai informasi, juga terkait dengan workshop dan hibah-hibah,” demikian penjelasannya. Melalui learning by doing yang dilakukan, saat ini Jointecs sudah terindeks di Google Scholar, Neliti, Onesearch, ISJD dan saat ini berupaya untuk dapat terindeks pula di SINTA.

Pada pertemuan tersebut, Iwan juga menegaskan kembali bahwa kedepan pengelolaan jurnal akan didukung sepenuhnya oleh BP-UWG yang dikomandani oleh Ir. Bambang Riyadi, Kepala UPT Perpustakaan UWG. Untuk itu Iwan berharap semua fakultas dan program studi kembali bangkit menghidupkan jurnal ilmiahnya. “Jurnal ilmiah adalah bagian tak terpisahkan dari kinerja Tridarma perguruan tinggi para dosen. Hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari DRPM, juga dalam rangka kenaikan jabatan fungsional dosen, jurnal ilmiah menjadi syarat yang utama, ” demikian Iwan menutup pertemuan dan memberikan semangat kepada para pengelola. (sig)

Source link

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close