Aspirasi Mahasiswa

Cara Menanggulangi Ponsel Yang Sering Restart sendiri / Mati Sendiri.

Dalam artikel yang sebelumnya saya telah membahas apa yang menyebabkan Ponsel android anda Sering Restart sendiri ataupun mati sendiri. Dan kali ini saya akan sedikit memberikan solusi agar ponsel anda sedikitnya bisa digunakan lagi dan tidak restart sendiri ataupun mati sendiri. Langsung saja kita beranjak ke bagian inti bagaimana sedikitnya menanggulangi ponsel android yang restart sendiri atau mati sendiri.

Bersihkan Cache Android.

Apabila anda tidak pernah menghapus file cache atau sampah maka sebaiknya lakukan penghapusan agar nantinya smartphone anda tidak terasa berat dan lemot. Tidak perlu bingung, menghapus file cache sangatlah mudah. Dengan menginstall aplikasi Clean Master maka semua file cache bisa anda hapus. Cukup dengan sekali tap maka semua file junk, cache, dan history bisa bersih secara total.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Compatible.

Mungkin anda merasa kesulitan membedakan mana aplikasi yang tidak compatible. Sederhana saja, jika ada aplikasi tertentu yang sedang mengalami error atau sering muncul pesan error seperti force close maka tandanya aplikasi tersebut tidak compatible. Mungkin karena OS Android anda atau mungkin karena aplikasi tersebut memang tidak compatible dengan OS Android anda. Untuk menghapusnya, anda bisa masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, lalu cari dan tap aplikasi yang anda ingin hapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus/Uninstall aplikasi.

Unroot Android Anda.

Jika sebelumnya anda telah melakukan proses rooted pada smartphone android anda, dan setelah itu smartphone sering mengalami restart pada dapat disimpulkan “root” adalah penyebabnya. Lakukan Unroot agar android anda bisa berjalan dengan normal kembali. Gunakan aplikasi Unroot untuk menghapus rooted yang anda lakukan.

Pasang Anti Virus.

Gunakan anti virus yang handal untuk menghapus dan mencegah virus agar tidak bisa merusak sistem android anda. Anti virus terbaik yang sering digunakan oleh para pengguna android yakni AVG, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan anti virus – antivirus lainnya. Pilih salah satu diantara anti virus yang saya sebutkan tersebut. Unduh dan pasang anti virus melalui Google Play Store. Tapi ingat jangan pasang anti virus abal-abal karena akan menggangu kinerja sistem android anda.

Hapus Game.

Hapus game yang memberatkan smartphone android anda. Atau jika anda menginstall game versi beta atau versi yang kurang compatible dengan OS Android anda maka sebaiknya hapus saja. Tujuannya agar smartphone tidak sering terjadi error, rusak, atupun restart sendiri.

Reboot Smartphone.

Matikan smartphone android anda, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali android anda.

Ganti SIM Card.

 Ternyata ada beberapa kasus terjadi restart android disebabkan oleh SIM Card, entah kenapa tapi itu benar – benar terjadi. Coba ganti SIM Card anda dengan yang lain atau yang baru, semoga saja nantinya tidak terjadi restart tiba – tiba.

Factory Riset.

Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka ada hanya bisa satu cara terakhir yang dengan mengembalikan smartphone ke kondisi semua (Pengaturan Pabrik). Backup dulu semua data anda agar nantinya bisa anda kembalikan lagi. Masuk pada menu Pengaturan » Backup & Riset » Factory Data Riset, lalu tap “Riset Phone”.

Jika semua cara yang saya sebutkan diatas tidak dapat menanggulangi ponsel anda yang suka restart sendiri atau mati sendiri, kemungkinan besar ponsel anda mengalami kerusakan hardware. Dan sebaiknya anda meperbaikinya di teknisi produsen ponsel tersebut, ingat jangan asal sembarang teknisi.

Semoga bermanfaat.

You might also like
Comments
Loading...