Aspirasi Mahasiswa

Pengguna Android…?, Kamu Harus Tau Ini “7 Custom ROM Terbaik”

Jika kamu adalah seorang pengguna Android, mungkin kamu pernah mendengar istilah custom ROM, sebuah sistem operasi Android yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Custom ROM merupakan sebuah firmware alternatif pengganti firmware bawaan smartphoneAndroid yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga.

Karena Android merupakan sebuah sistem operasi open source, maka semua orang dapat mengutak-atik source code yang ada di dalamnya. Sehingga, mereka yang mengerti mampu menciptakan sistem operasi mobile sendiri berdasarkan platform Android.

Untuk dapat memasang sebuah custom ROM ke dalam perangkat Android, kamu membutuhkan pengetahuan tambahan yang tidak begitu sulit untuk dikuasai. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua custom ROM mendukung smartphone yang kamu miliki.

Dalam situs resmi sebuah custom ROM, biasanya terdapat sebuah daftar yang berisi perangkat smartphone atau tablet yang kompatibel. Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah: Jangan pernah menggunakan custom ROM pada perangkat yang tidak kompatibel, karena hal ini dapat mengakibatkan perangkat kamu berpotensi tidak bisa digunakan lagi.

Melihat kenyataan tersebut, kami menganjurkan kamu untuk selalu membaca petunjuk pemasangan yang terdapat dalam situs resmi custom ROM yang akan digunakan serta, selalu membuat backup data yang ada di dalam smartphone kamu.

Ketika kamu sudah mulai mengerti dan ingin bertualang dengan mencoba berbagai customROM yang ada, maka daftar ini sangat cocok bagi kamu. Kali ini kami akan memilihkan beberapa custom ROM terbaik yang bisa kamu coba dan gunakan.

Salah satu penilaian utama kami dalam merangkum daftar ini adalah stabilitas custom ROM agar bisa kamu andalkan dan gunakan sehari-hari tanpa menemui suatu masalah. Faktor lainnya adalah pilihan fitur serta keunggulan custom ROM tersebut dari custom ROM lainnya yang ada di pasaran.

PAC-man ROM

Seperti halnya karakter Pac-Man yang memakan apa saja yang ada di hadapannya, demikian juga dengan PAC-man ROM. Orang-orang menyebutnya sebagai custom ROM all-in-one, karena ROM ini memadukan fitur-fitur dari ROM terbaik yang ada di luar sana, seperti CyanogenMod, ParanoidAndroid, dan AOKP.

ROM ini juga dikenal karena kestabilannya, sehingga kamu tidak akan mengalami banyak kendala saat menggunakannya. Karena PAC-man mengombinasikan tiga custom ROM terbaik, kamu wajib mencobanya. Setidaknya satu kali saja, untuk mengetahui sendiri apakah ROM ini sedahsyat yang dibicarakan orang-orang.

Liquid Smooth

Umumnya, custom ROM yang ada mengombinasikan fungsi dan tampilan. Tema-temanya menarik, menunya simpel, dan dapat dikustomisasi. Liquid Smooth sedikit berbeda. ROM ini mengedepankan performa dan fungsi, ketimbang nilai estetika. Namun, bukan berarti tampilan ROM ini jelek, karena kamu tetap dapat membuatnya seatraktif custom ROM yang lain.

Apa yang ditonjolkan Liquid Smooth adalah opsi kustomisasinya. Kamu dapat mengutak-atik pengaturan paling dasar. Misalnya, jika kamu terganggu ketika layar smartphone Androidmu menyala saat dicolok ke charger, kamu bisa membuatnya tetap mati. Selain itu, fungsi overclocking juga dibuat mudah, ideal bagi kamu yang ingin mendapatkan performa maksimal saat main game.

CyanogenMod

CyanogenMod menjadi pilihan kami karena kestabilan yang ditawarkan dan kecepatan updateyang diberikan oleh para developernya. CyanogenMod merupakan salah satu custom ROM pertama yang muncul ketika sistem operasi Android masih sangat muda. Di dalam situs mereka, CyanogenMod memberikan daftar smartphone yang kompatibel dan panduan memasang custom ROM ini dalam cara yang mudah.

Ciri khas custom ROM ini adalah tampilan yang mendekati Android asli, namun tanpa aplikasi bawaan yang memberatkan. Memang, CyanogenMod menyertakan beberapa fitur baru dan aplikasi-aplikasi tambahan. Namun semua itu tidak terlalu memberatkan sistem, seperti yang terdapat pada firmware bawaan smartphone Android dari Samsung.

Melihat kenyataan ini, banyak pengguna yang menggunakan CyanogenMod karena ingin menghapus berbagai aplikasi “sampah” yang ada di dalam smartphone mereka.

Berkat hal ini pula, CyanogenMod dipercaya untuk membuat sebuah sistem operasi alternatif bagi produsen smartphone OnePlus. Bentuk kerja sama ini memungkinkan custom ROM CyanogenMod untuk dipasang secara default dalam smartphone OnePlus One. Bukan hanya itu, beberapa media di luar negeri melaporkan bahwa Microsoft tertarik dengan CyanogenMod dan telah mengucurkan investasi ke dalam tim CyanogenMod.

MIUI

MIUI dari Xiaomi merupakan salah satu custom ROM yang mempunyai tampilan desain paling indah. Sering dibandingkan dengan desain sistem operasi iOS dari Apple, MIUI justru mampu menggaet pengguna secara cepat. Terlepas dari tampilan yang cantik, MIUI merupakan sebuah custom ROM yang cukup berat bagi memori RAM smartphone kamu. Bahkan, pemakaian memori RAM tersebut hampir serupa dengan yang terjadi pada skinTouchwiz dari Samsung.

Akan tetapi, pemakaian RAM yang besar tersebut tidak membuat para pengguna MIUI gentar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas yang bermunculan di tiap-tiap negara yang menginginkan sistem operasi ini tersedia pada smartphone Android yang mereka miliki.

Hal ini juga membuat pengembangan MIUI lebih banyak dilakukan oleh penggunanya alih-alih developer resmi, sehingga kamu akan menemukan banyak sekali versi MIUI yang bukan dibuat oleh developer resmi MIUI.

Bagi kamu para pecinta kustomisasi, MIUI menyediakan sebuah cara agar kamu mampu mengubah tampilan keseluruhan perangkat dengan mudah, yaitu dengan menggunakan platform store mereka yang menjual berbagai tema, baik itu dari pengguna lainnya ataupun dari developer resmi MIUI.

SlimRoms

Berbeda dengan MIUI yang memerlukan kapasitas RAM cukup tinggi, SlimRoms berusaha memberi kamu sebuah custom ROM ringan yang memakan RAM sekecil mungkin. Hal tersebut bisa dicapai berkat “perampingan” sistem operasi Android dengan menghapus beberapa fitur yang membuat berat sebuah sistem, tanpa harus mengorbankan kestabilan sistem operasi tersebut.

Jika kamu belum puas dengan perampingan yang dilakukan oleh tim SlimRoms, kamu dapat menghapus sendiri fitur-fitur yang tidak kamu suka atau gunakan melalui fitur SlimCenter yang terdapat di dalam menu pengaturan SlimRoms. Hal-hal yang telah disebutkan tersebut membuat SlimRoms menjadi custom ROM pilihan utama bagi para pemilik perangkat lama yang spesifikasinya sudah agak kuno.

Paranoid Android

Serupa dengan apa yang ditawarkan oleh CyanogenMod, Paranoid Android berusaha memberi kamu sebuah tampilan yang hampir menyerupai Android stock, namun ditambahkan dengan fitur-fitur lanjutan yang sangat banyak. Kami menganjurkan custom ROM ini jika kamu memang merupakan seorang pribadi yang ngulik dan selalu ingin tahu.

Fitur-fitur tersebut antara lain: Pie Control yang memungkinkan kamu melakukan navigasi dengan lebih mudah, mengubah warna masing-masing aplikasi, atau berganti mode antara tablet, smartphone, dan phablet. Lebih hebatnya lagi, meskipun bayak sekali fitur yang disertakan, Paranoid Android masih bisa berjalan dengan gegas meskipun jika dipasangkan pada sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi rendah.

AOKP

AOKP merupakan singkatan dari Android Open Kang Project yang memberi kamu sebuah custom ROM dengan fitur melimpah. Custom ROM dengan logo unicorn ini mempunyai nama yang merupakan sebuah plesetan dari singkatan AOSP. Awalnya, nama tersebut hanyalah sebuah lelucon. Namun, ketika semakin banyak orang menyukai nama AOKP, tim pengembang memutuskan untuk menggunakan nama ini.

AOKP sendiri dipenuhi dengan beberapa fitur standar dan kosmetik. Namun salah satu fitur yang kami suka adalah kemampuan tape to wake. Ketika kamu sedang meletakkan smartphone di atas meja, kamu hanya perlu mengetuk layar smartphone untuk membangunkannya dari mode sleep. Selain itu, AOKP menyediakan berbagai fitur-fitur pengaturan kecil yang mungkin memerlukan ketelitian kamu ketika mencari di dalam sistem operasi ini.

 

You might also like
Comments
Loading...