Aspirasi Mahasiswa

Cara Poto Bokeh Untuk Pemula

Mungkin kamu sudah sering mendengar orang-orang berkomentar tentang betapa bagusnya bokeh dalam suatu foto tapi masih bertanya-tanya, “Apaan sih bokeh?” Ini adalah kata yang diadaptasi dari bahasa jepang ( boke) bukan bokep yah hehe, yang artinya “samar” atau “kabur (blur)”. Dalam dunia fotografi, bokeh adalah lingkaran-lingkaran cahaya lembut hasil blurring pada background suatu foto. Pernahkah kamu memotret suatu objek tapi kemudian hasilnya tidak jelas karena background-nya terlalu tajam dan ramai sehingga menenggelamkan fokus ke objek itu sendiri.

Pertama, kamu harus memahami tentang DOF (Depth Of Field). Dalam suatu foto selalu ada bagian yang fokus dan tidak. Nah, area yang tampak fokus dan jelas ini disebut DOF. Biasanya bagian background keluar dari fokus dan disinilah bokeh tampil. Ia mengubah cahaya yang muncul menjadi bentuk-bentuk lingkaran dengan pinggiran yang halus. Jadi, bokeh hanya akan sukses dibuat jika DOF-nya dangkal (shallow depth of field) yang berarti subjek harus benar-benar terfokus sementara backgroundnya hanya blur. Syarat pertama untuk menghasilkan blur yang bagus adalah bukaan aperture (tempat keluar masuknya cahaya pada lensa) yang besar. Semakin tinggi angka aperture-nya, semakin besar dan bundar bokehnya. Yang kedua, tentu saja, harus ada titik-titik cahaya di bagian background. Jika kamu menggunakan backdrop polos (kain, tembok, dan sejenisnya) tidak akan ada bokeh dalam fotomu.

Ada titik-titik cahaya di bagian background (lampu mobil di malam hari, cahaya dari sela-sela daun, lampu hias warna-warni, dan semacamnya)

Membuka aperture selebar yang lensa kamu bisa buat

Jarak kamera dengan objek atau foreground dibuat dekat

Jarak foreground dengan cahaya di background dibuat cukup jauh

bokeh dari lampu-lampu mobil yang saya foto ketika menunggu lampu hijau menyala di suatu perempatan

Dengan dSLR, kamu bisa mengatur setting seperti ini:

  1. Putar pengaturan kamera ke mode A atau Av untuk Aperture Priority
  2. Pilih angka aperture (f) terkecil – pada kamera yang anda punya dan menggunakan lensa kit lens, angka terkecilnya adalah f3.5
  1. Pindahkan lensa ke mode fokus manual, lalu atur hingga ke titik terdekat
  2. Gunakan zoom pada lensa sampai kira-kira ada di sekitar 50mm (pada lensa saya hanya bisa sampai 55mm)
  3. Bidik titik-titik cahaya (dengan atau tanpa foreground)
  4. Jepret objek nya

Sangat mudah. Selanjutnya, mungkin, menggunakan tripod untuk memastikan bentuk lingkaran yang bagus dan tidak goyang. Tapi kadang-kadang dengan pengaturan yang baik sekalipun, bokeh tidak terbentuk sempurna karena beberapa lensa (terutama kit lens yang memang tidak mahal) tidak memungkinkan bukaan aperture yang besar dan bentuk aperture bladenya kaku.

Mungkin itu pendapat saya untuk menghasilkan poto bokeh ,selamat mencoba, GOOD LUCK..:)

You might also like
Comments
Loading...