Aspirasi Mahasiswa

Pendidikan Hak Rakyat

Terkadang kita bertanya mengenai fungsi dan tujuan pendidikan, selama bertahun – tahun selalu menuntut pendidikan untuk semua golongan, baik itu dari golongan menengah ketas maupun menengah kebawah. Pendidikan membuat kita melakukan eksplorasi untuk mengetahui dan menemukan sebuah titik kebenaran dan kesalahan, kita mengetahui bahwa perkembangan zaman semakin maju dikarenakan pendidikan, mungkin dahulu kita menolak dengan menerima hal tersebut, tetapi perkembangan dunia tidak bisa untuk di lawan dengan sifat konservatif dalam tindakan tersebut, sama halnya mempertahankan keadaan yang terpuruk dan tidak menginginkan perubahan secara signifikan.

Bagaimana kita mengetahui bahwa 1+1 adalah 2, bagaimana kita mengetahui bahwa manusia memiliki mata 2?, manusia memiliki tangan dan kaki 2? Secara kesimpulan dapat diambil bahwa itu terjadi karena ada pendidikan sehingga dapat mengetahui dari hal yang mendasar hingga seterusnya. Pendidikan juga akan menuntut kita untuk turun ke masyarakat untuk saling bertukar fikiran sehingga kita menemukan banyaknya perspektif mengenai sesuati hal dari setiap masyarakat, dan pada akhirnya ditemukan titik suatu kesimpulan dari berbagai perspektif tersebut. Pendidikan juga akan mengantar kita bagaimana mengetahui permasalahan sosial, politik, ekonomi dan lain – lain yang terjadi disekitar maupun di Negara, seseorang berpendidikan harus mengetahui permasalahan tersebut dikarenakan khawatir perjalanan yang salah malah yang akan ditempuh karena teragitasi oleh media, seseorang yang berpidato atau orator ulung sehingga dapat membuat hati orang banyak menggebu – gebu untuk melakukan pemberontakan suatu tujuan yang dimiliki orang tersebut. Terlebih kita harus mengetahui bagaimana untuk memilih jalur rel yang memang itu sesuai kebutuhan dengan lingkungan sekitar maupun lingkungan yang luas.

Kembali dengan pembahasan diatas, terkadang seseorang ketika berbicara dengan gaya bahasa yang beraneka ragamnya saat berbicara di depan umum serta pemikiran yang berintelktual tersebut karena suatu hal yang tak lepas dari pendidikan.

” Pendidikan tidak menjamin kehidupan seseorang, melainkan cara beripikir otak! “.

Dari kalangan mahasiswa atau aktivis organisasi ekstra kampus yang selalu peka terhadap keadaan sosial serta segala penindasan yang terjadi, terus menuntut segala kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap rakyat. Mahasiswa secara kasat mata dikalangan masyarakat seseorang mempunyai pemikiran yang berbeda dan bahkan lebih maju dikarenakan pendidikannya. Sering pasti mendengar bahwa pendidikan di Indonesia yang masih belum bisa dikatakan merata menjadikan sebuah tuntutan yang selalu digembor – gemborkan oleh mahasiswa, tanpa pendidikan masyarakat tidak mengetahui apa – apa, dan hanya menjadikan budak politik ketika pemilu berlangsung demi kemashlatahan pejabat, partai, penguasa dan lainnya, sebab negara yang maju adalah negara yang didalamnya orang – orang berpendidikan.

Perubahan jalur rel pendidikan pun terjadi akibat kerusakan yang terjadi pada sektor pemerintahan, sehingga pendidikan hanya dijadikan alat produksi serta komoditas belaka. Jika kita peka dan melihat serta menilih kembali bahwa sistem pendidikan yang ada sekarang di Indonesia hanya sebuah penguntungan kelompok tertentu serta masyarakat yang sudah menempuh pendidikan yang lama hanya dijadikan seperti bahan produksi ketika dibuat, dikemas lalu diperjualkan kepada perusahaan, semua hal yang terjadi hingga sekarang ini menjadikan masyarakat tenang dengan hal kebiasaan yang sudah terjadi. Pendidikan yang mahal harganya membuat naskah pembukaan isi UUD 1945 yang mengatakan ” mencerdaskan kehidupan bangsa ” menjadi termenung dan tak tau akan apa yang terjadi sangat berputar balik dengan keinginan Founding Fathers kita serta kemajuan bangsa Indonesia.

Apakah pendidikan akan diperjual belikan ataukah untuk sebuah kemajuan bangsa serta mencerdaskan kehidupan bangsa?

Jadikan pendidikan sebuah kritikan keras sehingga membuat ledakkan revolusi untuk menjadikan pendidikan yang merdeka demi kesejahteraan dan melepaskan dari segala penjajahan serta pembodohan yang diselimuti sorban putih seperti terlihat bagus tetapi busuk didalamnya.

You might also like
Comments
Loading...